Anggota TNI Hadapi Ratusan Massa

Ratusan massa dengan membawa umbul – umbul serta ikat kepala, mencoba mendobrak barisan barikade pengamanan yang diformasikan oleh personel TNI dan POLRI di Jalan Fatahilah, lingkungan Cungkup, Kota Salatiga, Minggu (10/02/2019).

Aktivitas yang menyedot animo masyarakat sekitar lokasi kerumunan massa, disampaikan oleh Penerangan Kodim 0714/Salatiga Pelda W. Yudha .W kepada beritaglobal.net, Minggu (10/02/2019), adalah sebagai bagian dari Drill Tekhnis Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden Tahun 2019.

“Acara tadi merupakan rangkaian Drill Tekhnis Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019, yang dibuka dengan Apel yang dipimpin oleh Kasiopsrem 073/Makutoromo, dan selanjutnya saat pelaksanaan diambil alih oleh Irdam IV/Diponegoro Kolonel Inf Legowo WR Jatmiko, S.I.P.,” ungkap Pelda W. Yudha W.

Dalam isi sambutan Kolonel Inf Legowo, sebelum pelaksanaan simulasi pengamanan pemilu, disampaikan, “Saya disini mengawasi tugas latihan pengamanan pileg dan pilpres yang ada di wilayah jajaran KodamĀ  IV/Dip. Kalau kita lihat di medsos sudah ramai hiruk pikuk terkait kesiapan dan persiapan pesta demokrasi baik pileg maupun pilpres dengan adanya suhu yang semakin memanas, ini artinya kita supaya lebih siap untuk berlatih dan supaya kita terdadak,” ungkap Kolonel Inf Legowo seperti disampaikan oleh Pelda Yudha.

Selanjutnya, ditekankan oleh Irdam IV/Diponegoro Kolonel Inf Legowo, kesesuaian prosedur harus sudah diterapkan pada saat latihan, agar pada saat turun dalam pengamanan pemilu yang senyatanya, tidak terdadak.

“Latihan disesuaikan prosedur, supaya nanti saat ada kejadian kita tidak terdadak. Kita perlu banyak belajar, karena kita latihan menghadapi Kombatan bukan menghadapi massa, namun untuk kali ini kita berusaha latihan untuk kesiapan siagaan untuk menghadapi massa,” tandas Kolonel Inf Legowo.

Drill Tekhnis Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019, diikuti oleh 2 SST Kodim 0714, 1 SSK Yon Zipur, 1 SSK Yon Kavaleri, 1 SST dari Batalyon 410, 1 SST personel Sabhara Polres Salatiga, dengan dukungan 5 unit truck, 1 unit ambulance. Dengan total peserta lebih kurang 400 orang personel.

Hadir langsung dalam acara Drill Tekhnis Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019, Danrem 073/Mkt, Irdam IV/Dip, Kasrem 073/Mkt, para Kasi Korem 073/Mkt, Dan/Kasatdisjanrem, Wadandenpom IV/3, Kasdim 0714/Sltg, Kabag Ops Polres Salatiga, dan Kapolsek Sidorejo Salatiga.

Acara drill tekhnis yang diakhiri dengan Apel yang dipimpin langsung oleh Danrem 073/Mkt Kolonel Arm Moch Erwansjah, S.I.P., M.M., sekira pukul 09.30 WIB, di halaman Makorem 073/Mkt.

Kepada seluruh personel peserta Drill Tekhnis Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Pilpres tahun 2019, Kolonel Arm Moch Erwansjah, menyampaikan, “Tugas Pokok TNI sesuai Undang – Undang Nomor 34 tahun 2004 adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa Indonesia dari ancamandan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. Salah satu dari tugas pokok tersebut, mengamanatkan TNI untuk melaksanakan tugas perbantuan kepada Pemda dan Polri dalam menangani kerusuhan sosial, menjaga stabilitas keamanan di wilayah serta menjaga kedaulatan NKRI dari ancaman disintegrasi bangsa dan ancaman lainnya yang dapat mengganggu jalannya pelaksanaan Pemilu 2019,” ungkap Kolonel Arm M. Erwansjah.

Adapun tujuan dari rangkaian acara ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas perbantuan kepada Pemda dan Polri dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden tahun 2019 secara berhasil dan berdaya guna.

“Tujuan dari latihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas perbantuan kepada Pemda dan Polri dalam rangka pengamanan Pemilithan Umum Legislatif inidan Presiden tahun 2019 secara berhasil dan berdaya guna,” imbuhnya.

“Dengan berakhirnya latihan ini saya berharap kalian telah memahami teknik, prosedur, mekanisme dan sistem komando pengendalian untuk menunjang koordinasi dan kerjasama dengan seluruh unsur terkait di wilayah masing – masing sehingga dapat terwujud sinergitas antar instansi dalam pengamanan Pemilu 2019,” tandas Kolonel Arm M. Erwansjah, dengan melanjutkan memberi ucapan terima kasih kepada seluruh pihak penyelenggara Latihan, pelatih dan pendukung, atas kerja kerasnya dalam mempersiapkan menyelenggarakan latihan ini, sehingga dapat berjalan aman dan lancar. (Fera Marita/Pendim0714)

Anggota TNI Hadapi Ratusan Massa | kodimsalatiga | 4.5