Categories: Berita

Antisipasi Luapan Air, Warga Desa Sitirejo Bersama Koramil Tambakromo Bersihkan Saluran Air

PATI,MURIAPOS.COM

Guna mengantisipasi terjadinya banjir di musim penghujan saat ini, puluhan personil TNI Koramil 20/Tambakromo Kodim 0718/Pati bersama warga masyarakat bergotong royong membersihkan rumput liar dan sampah yang berbeda disekitar dan didalam saluran air di RT.01/01 Desa Sitirejo Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati, Minggu (28/11/2021).

Terlihat para personil TNI Koramil/20/Tambakromo bersama warga masyarakat setempat, anggota Karang Taruna Eka Bhakti Desa Sitirejo bahu membahu membersihkan saluran air berupa tumpukan sampah dan rumput liar yang menghambat aliran air berada didalam selokan. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi tersumbatnya saluran air sehingga ketika hujan deras tidak terjadi banjir di lingkungan pemukiman warga.

Danramil 20/Tambakromo Kapten Cba M. Zuhri Antoro ketika dikonfirmasi mengatakan, bahwa selain pembersihan saluran air yang tidak lancar, sejumlah titik yang menjadi perhatian di antaranya perbaikan tanggul-tanggul sungai yang rawan jebol saat hujan deras turun dari wilayah atas atau pegunungan. Selain itu masing-masing Babinsa diperintahkan secara rutin mengecek sampah-sampah besar yang tersangkut di jembatan agar secepatnya disingkirkan.

“Saat ini yang menjadi perhatian khusus diwilayah Kecamatan Tambakromo adalah jebolnya tanggul sungai yang berada dibeberapa titik, yakni Desa Tambahagung, Tambakromo dan Angkatan Lor. Mengingat saat ini intensitas curah hujan mulai tinggi dan dikhawatirkan dapat menimbulkan berbagai permasalahan salah satunya banjir yang disertai lumpur,” kata Danramil.

Sementara Asep Jumeno selaku Ketua Karang Taruna Eka Bhakti Desa Sitirejo didampingi Babinsa Sertu Karyono menjelaskan bahwa kerja bakti dilakukan karena sudah banyak tumpukan material sampah dan rumput liar yang mulai menghambat aliran selokan dan kalau dibiarkan dikhawatirkan terjadi penyumbatan pada selokan yang bisa menyebabkan genangan air pada musim hujan ini.

“Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab semua warga, sehingga kita semua wajib menjaga dan memeliharanya, disamping kerja bakti membersihkan selokan, Kami bersama Babinsa juga selalu memberikan himbauan agar para warga menjaga kebersihan serta turut menyampaikan kepada keluarganya agar selalu mengikuti himbauan Pemerintah tentang pentingnya protokol kesehatan covid-19 guna mencegah penularannya,” ujarnya. (MP.Wn)

saryanto

Share
Published by
saryanto

Recent Posts

Ciptakan Susana Kerja Yang Nyaman, Personil Koramil 10/Selomerto Bersihkan Pangkalan

Muriapos.com, Wonosobo - Disela-sela rutinitas personel Koramil 10/Selomerto melaksanakan pembersihan lingkungan dan perbaikan garasi di…

10 jam ago

Dandim Pati Membuka Acara Sosialisasi Rekrutmen Prajurit TNI AD Dari Jalur Santri Dan Lintas Agama

PATI,MURIAPOS.COM Kodim 0718/Pati menggelar kegiatan sosialisasi rekrutmen prajurit dari jalur santri dan lintas agama untuk…

12 jam ago

Pendampingan Babinsa Pledokan Saat Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Kabupaten Semarang - Babinsa Serda Tuslam melaksanakan pendampingan vaksin anak usia 6 - 11 tahun…

12 jam ago

Apel Gabungan Sebelum Pelaksanaan Operasi Penerapan Prokes

Kabupaten Semarang - Babinsa Peduli Wilayah Koramil 10/Sumowono Kodim 0714/Salatiga melaksanakan Operasi Yustisi yang digelar…

12 jam ago

Bencana Banjir Di Kecamatan Donorojo Melanda Enam Rukun Tetangga

Jepara – Hujan yang terus menguyur di wilayah Kabupaten Jepara menyebabkan tejadinya bencana banjir yang…

13 jam ago

Anggota TNI Dan PNS Kodim 0714/Salatiga Bacakan UUD 1945,Sapta Marga Dan Panca Prasetya Korpri

Salatiga-Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Loka Jaya Sembada,S.I.P menjadi Inspektur Upacara 17 an yang dilaksanakan di…

13 jam ago