Salatiga

Babinsa Dampingi Tim Penilai Lomba Gapura Dan Taman

Salatiga-Plastik memang sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun jika tidak dikelola dengan baik, sampah atau limbah plastik bisa sangat berbahaya bagi kehidupan manusia.

Sebut saja, limbah plastik yang dibuang sembarangan ke sungai atau saluran air. Lama-kelamaan, limbah plastik itu akan menumpuk dan menyumbat saluran sehingga menyebabkan datangnya banjir.

Makanya, plastik harus dimanfaatkan dengan bijak dan limbahnya juga harus dikelola dengan baik. 

Kelurahan Gendongan berinisiatif mengadakan lomba pembuatan Gapura yang hampir seluruhnya bahan baku yang digunakan adalah limbah plastik yang di prakarsai oleh Babinsa dan perangkat kelurahan Gendongan.

Ide pembuatan gapura dari limbah gelas plastik itu, Mereka memanfaatkan limbah plastik yang biasanya dibuang di jalan oleh warga yang tak sadar lingkungan menjadi suatu kreasi unik yang menarik.

Babinsa Gendongan Serda Baedawi bersama Babinkamtibmas Monitoring kegiatan  lomba Gapura dan taman di Prican, kelurahan Gendongan dengan sasaran keindahan, pemanfa’atan barang limbah yg modifikasi sehingga terbentuk suatu barang yg bermanfaat bagi lingkungan dan memodifikasi taman agar menjadi tempat bermain warga, juga pemanfaatan tanaman empon empon yang di olah menjadi obat tradisional.Selasa (07/09)

Penilaian lomba ini dilaksanakan oleh Tim penilai dari Kecamatan Tingkir, Ony Suciwati selaku Ketua Tim Penilai mengatakan Sampah plastik  yang biasanya dibuang begitu saja oleh pengguna jalan yang melintas, sehingga mengotori lingkungan di sini. Tapi masyarakat mampu menyulap sampah itu jadi hal yang bermanfaat dan akhirnya inisiatifnya dibuat sebagai penghias gapura lorong mereka.

“program itu sangat membantu pengurangan sampah plastik rumahan. Satu keluarga bisa menghasilkan sampah plastik untuk satu ecobrick ukuran botol 600 mililiter dalam tujuh hari”ujarnya

Tujuannya diadakan lomba ini, agar masyarakat bisa lebih peduli dengan sampah plastik. Limbah plastik tidak bisa terurai hingga ratusan tahun, agenda daur ulang menjadi ecobrick membuat bernilai ekonomis. Plastik-plastik bekas itu bisa dibentuk menjadi satu set meja kursi, sofa, pagar, dan berbagai macam barang bermanfaat lainnya.(Pendim0714)

kodimsalatiga

Share
Published by
kodimsalatiga

Recent Posts

Desa Mojoagung Kecamatan Trangkil Ditetapkan Sebagai Kampung Pancasila

PATI,MURIAPOS.COM Koramil 21/Trangkil menggelar acara pencanangan Kampung Pancasila di desa Mojoagung kecamatan Trangkil. Kegiatan pencanangan…

13 jam ago

Pencanangan Kampung Pancasila Di Desa Gabus Oleh Danramil Gabus Bersama Muspika

PATI,MURIAPOS.COM Koramil 19/Gabus Kodim 0718/Pati hari ini melaksanakan pencanangan kampung Pancasila oleh Danramil 19/Gabus beserta…

22 jam ago

Sasaran Nonfisik Dalam Program TMMD Di Desa Grogolan Dukuhseti Hari Ini Ada Dua Materi Penyuluhan Yang Dilaksanakan

PATI,MURIAPOS.COM Program TMMD Sengkuyung Tahap I Ta 2022 Kodim 0718/Pati di desa Grogolan Kecamatan Dukuhseti…

2 hari ago

Inilah Tujuan Digelarnya Kegiatan Sisrendal Binter Oleh Kodim 0718/Pati

PATI,MURIAPOS.COM Kegiatan Sistem Perencanaan dan pengendalian Binter (Sisrendal Binter) tahun anggaran 2022 dengan tema “Sisrendal…

2 hari ago

Satgas TMMD Kodim Pati Di Desa Sumberejo Jaken Terus Mengejar Target Yang Ditentukan

PATI MURIAPOS.COM Terus kejar target yang telah ditentukan, dalam pelaksanaan kegiatan TMMD Sengkuyung THP I…

3 hari ago

Peduli Kebersihan Lingkungan di Wilayah Binaan, Babinsa Koramil Tipe B 0808/07 Ponggok Gelar Kerja Bakti

Peduli Kebersihan Lingkungan di Wilayah Binaan, Babinsa Koramil Tipe B 0808/07 Ponggok Gelar Kerja Bakti…

4 hari ago