Categories: Grobogan

Babinsa Hadiri Rapat Pembentukan Relawan Tanggap Corona

GROBOGAN-Bertempat di Balai Desa Ngaben Rejo, Kec/Kab. Grobogan Babinsa Koramil 0717-02/Grobogan Serka Suyono menghadiri pembentukan relawan tanggap corona (covid-19) ditingkat desa, Selasa (31/3)

Rapat pembentukan relawan tanggap covid-19 kali ini senganja dilakukan diluar ruangan dan jarak tempat duduk  antar perorangan  lebuh dari satu meter semuanya tersinari oleh martahari, yang juga dihadiri Bahabinkamtibmas, Kades dan Perangkat desa, Pegawai Puskesmas Grobogan dan puluhan calon relawan.

Pembentukan relawan tanggap corona ini, menindaklanjuti surat edaran Kementerian Desa, Pembangunan Daerah dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa.

Serka Suyono mengatakan, pembentukan desa tanggap Covid-19 tersebut sebagai upaya untuk pencegahan dan penanganan terhadap virus corona yang kemungkinan wabahnya perlahan-lahan mulai merambah hingga ke desa.

“Relawan tanggap covid-19 ini mempunyai peranan untuk melakukan pencegahan setelah mengenali gejalanya, menaganai ketika ditemukan kasus dan mengantisipasi secara terus menerus yang berkoordinasi dengan pemerintah daerah,” kata Suyono.

Dalam struktur pembentukan relawan gugus tugas Covid-19 tersebut, Kepala Desa menjadi ketua dan wakilnya adalah Ketua Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) serta anggotanya terdiri dari seluruh perangkat anggota BPD, Ketua RT, RW, Pendamping Lokal Desa dan berbagai pendamping yang ada didesa baik dari Kemensos, BKKBN maupun pendamping lainnya.

“Sedangakan kita Babinsa, Babinkamtibmas dan level lainya yang berasal dari instansi vertikal lainya sebagai mitra sebagai mitra dari relawan tersebut,” ujarnya.

Relawan ini nanti akan memastikan tidak ada kegiatan warga berkumpul dan/atau kerumuman banyak orang seperti pengajian, pernikahan, tontonan/hiburan massa atau kegiatan serupa. Seandainya ada warga yang terpapar Virus Corona, Relawan bekerja sama dengan rumah sakit rujukan atau puskesmas setempat. Kemudian penyiapan ruang isolasi di desa. Selanjutnya merekomendasikan warga yang baru pulang dari daerah terdampak Covid-19 untuk lakukan isolasi diri.

“Setelah terbentuk relawan covid-19, relawan ini nanti mampu melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai harapan kita semua,” harap Suyono.(Pendim 0717/Pwd)

suwarto

Share
Published by
suwarto
Tags: Corona

Recent Posts

Muscab IV BPC HIPMI Pati Tetapkan Ketua Baru

Muscab IV BPC HIPMI Pati Tetapkan Ketua Baru MURIAPOS.COM, PATI Dalam acara Musyawarah Cabang IV…

1 hari ago

Anggota Koramil Karangawen Bersama Dengan Polsek Dan Instansi Terkait Laksanakan Karya Bhakti Membersihkan Lingkungan

Demak- Peduli lingkungan baik itu tentang kebersihan, keamanan dan keindahannya merupakan tugas dan tanggungjawab seluruh…

2 hari ago

Dalam Rangka Memperingati HUT Korpri Ke 49 Anggota Kodim 0716/Demak Ikuti Apel Bersama Resik-Resik Kali Tuntang

Demak- Anggota Kodim 0716/Demak mengikuti apel bersama dalam rangka memperingati hari Korps Pegawai Republik Indonesia…

2 hari ago

Anggota Koramil 02/Bonang Bersama Warga Bersihkan Eceng Gondok Yang Menghambat Aliran Sungai

Demak- Antisipasi banjir, TNI dan masyarakat bersama-sama membersihkan sungai irigasi sepanjang 1 km serta sebagai…

2 hari ago

Begini Pesan babinsa Serma Wahyu Hidayat Saat Berkunjung Ke Tokoh Pemuda

Demak - Babinsa Koramil 12/Mranggen jajaran Kodim 0716 Demak Serma Wahyu Hidayat melaksanakan Komunikasi Sosial…

2 hari ago

Guna Ketertiban dan Kelancaran pendataan UMKM Babinsa Lakukan Pendampingan

Jepara – Bantuan program UMKM bagi pelaku usaha mikro kini dibuka kembali sebagai upaya untuk…

2 hari ago