BABINSA KORAMIL 0716-08/KARANGANYAR BANTU OLAH LAHAN PERTANIAN DENGAN HAND TRACTOR

 

Demak – (Kodim 0716/Demak), Babinsa Koramil 08/Karanganyar jajaran Kodim 0716/Demak Serma Imam Babinsa Desa Wonoketingal melaksanakan pendampingan terhadap petani dalam membajak sawah, di lahan milik Mursid di Desa Wonoketingal Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Rabu (13/03/19).

Saat dilokasi kegiatan Serma Imam mengungkapkan, pembajakan areal sawah ini dilakukan sebagai upaya percepatan masa tanam di wilayah binaannya.

Masih lanjut Serda Nurchaedi, pengolahan menggunakan traktor bukanlah baru dalam pengolahan lahan untuk menggemburkan tanah dalam waktu singkat dan dengan biaya lebih murah.

“Dengan menggunakan hand tractor ini, ada sejumlah keuntungan yang didapat, diantaranya gulma atau rumput liar akan mati kemudian membusuk menjadi humus sehingga menambah kesuburan tanah,” terangnya.

“Tidak kalah pentingnya, pada pengolahan tanah sawah perlu diperhatikan juga perbaikan pematang sawah dan saluran air untuk memudahkan pengaturan irigasi pertanian sehingga akan mempermudah dalam perawatan tanaman,” pungkasnya.

Pada kesempatan lain, Danramil 0716-08/Karanganyar Kapten Inf Etok Suristianto, mengungkapkan, pendampingan yang dilakukan para Babinsa sebagai upaya khusus ketahanan pangan dalam mendukung dan mensukseskan pencapaian swasembada pangan di wilayah.(Pendim 0716/Demak)

BABINSA KORAMIL 0716-08/KARANGANYAR BANTU OLAH LAHAN PERTANIAN DENGAN HAND TRACTOR | pendimdemak | 4.5