Babinsa Koramil Tambakromo Terus Dukung Program Swasembada Pangan

Babinsa Koramil Tambakromo terus berupaya mendukung petani dalam pencapaian swasembada pangan

TAMBAKROMO – Petani padi di wilayah Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati mulai memasuki masa panen. Para petani setempat sudah memanen sebagian kecil padi varietas Logawa, yang mereka tanam dalam kurun waktu 90 hari, Senin (11/2/19).

PPL Dinas Pertanian Kecamatan Tambakromo, Cahyo dengan didampingi Babinsa Koramil Tambakromo mengatakan, masa panen padi ini diprediksi selesai pada awal Maret 2019. Pada puncak panen tersebut biasa dinamakan panen raya. Sebab, seluruh desa yang mempunyai sawah secara serentak melakukan panen mengingat usia padi yang sudah cukup.

“Sudah mulai panen, tapi baru sebagian kecil. Panen raya diperkirakan akhir Februari sampai awal Maret 2019,” kata Cahyo.

Dalam kesempatan tersebut Babinsa Koramil Tambakromo Serda Yanto Bahrudin bersama dua orang anggota yang selalu aktif mendampingi petani juga menjelaskan, adanya jenis padi yang sudah mulai dipanen merupakan varietas berbeda dengan kebanyakan varietas yang akan panen raya. Padi yang sudah dipanen saat ini merupakan jenis dan varietas padi yang berumur lebih pendek.

Seperti di desa Keben saja, sampai kemarin, sudah 5.50 Hektar luas sawah yang dipanen. Produktivitasnya padi dengan usia lebih pendek tersebut mencapai 6,5 ton per hektar. Produktivitas tersebut dalam kondisi yang normal sejak penyemaian, penananam, penyiangan hingga masa panen.

“Alhamdulillah, seluruhnya selamat. Sempat khawatir dengan bencana terjangan angin kencang, mengingat cuaca yang ekstrem akhir-akhir ini. Meski ada beberpa yang kena, tapi masih bisa dipanen, dan tidak berpengaruh pada hasil produksi,” kata Babinsa. (Wn)

Babinsa Koramil Tambakromo Terus Dukung Program Swasembada Pangan | massohel3193@gmail.com | 4.5