Berita

Babinsa Kunir Hadiri Sosialisasi Perencanaan Kesiapsiagaan Penanganan Kasus Demam Berdarah

Jepara – Babinsa Kunir koramil 08/keling Pelda Rosyidin hadiri kegiatan sosialisasi perencanaan kesiap siagaan penanganan kasus Demam Berdarah di Desa Kunir , Senin (25/10/2021).

 

Saat ini bisa dikatakan musim pancaroba dimana terkadang rerjadi hujan, terkadang panas  dan cuaca seperti ini digunakan oleh nyamuk untuk berkembang biak terutama nyamuk Aides Aygepti yang dapat menyebabkan penyakit Demam Berdarah.

 

Untuk mengantisipasi terjangkitnya penyakit ini, maka langkah awal yang diambil oleh Puskesmas Keling II memberikan sosialisasi kepada warga Desa Kunir.

 

Langkah pertama yang kita lakukan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan, kemudian kita laksanakan 3 M plus.

 

Lingkungan yang bersih dari sampah akan menjadikan penghuninya sehat . Barang barang bekas yang dapat dijadikan nyamuk bertelur,  kita jadikan satu , seperti kaleng bekas, ban bekas  dan lain lain.

 

Kegiatan PSN atau Pemberantasan Sarang Nyamuk yang tiap bulan dilakukan merupakan pencegahan yang harus kita lakukan, tutur Babinsa.

 

Dengan memberikan bahan Abate pada air yg menggenang, seperti bak mandi , penampungan air . Pada kolam kolam juga bisa kita pelihara ikan dimana tujuannya agar jentik jentik yg tumbuh dapat dimakan ikan tersebut.

 

Apabila terjadi kejadian  luarbiasa, mungkin ada yang meninggal ataupun banyak yang  terjangkit Demam Berdarah maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan Foging atau penyemprotan.

 

Penyemprotan tujuannya adalah untuk mematikan nyamuk Aides, akan tetapi penyemprotan ini tidak membunuh jentik yang ada. Untuk itu perlu dilakukan PSN secara rutin maupun berkala.

 

Sebagai Babinsa, kami sampaikan kepada para ketua RT yang hadir pada acara ini agar selalu menjaga kebersihan lingkungan, dimana lingkungan yang sehat  terdapat jiwa yang sehat pula, Pungkas Pelda Rosidin.

0719jepara

Share
Published by
0719jepara

Recent Posts

Ciptakan Susana Kerja Yang Nyaman, Personil Koramil 10/Selomerto Bersihkan Pangkalan

Muriapos.com, Wonosobo - Disela-sela rutinitas personel Koramil 10/Selomerto melaksanakan pembersihan lingkungan dan perbaikan garasi di…

9 jam ago

Dandim Pati Membuka Acara Sosialisasi Rekrutmen Prajurit TNI AD Dari Jalur Santri Dan Lintas Agama

PATI,MURIAPOS.COM Kodim 0718/Pati menggelar kegiatan sosialisasi rekrutmen prajurit dari jalur santri dan lintas agama untuk…

11 jam ago

Pendampingan Babinsa Pledokan Saat Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Kabupaten Semarang - Babinsa Serda Tuslam melaksanakan pendampingan vaksin anak usia 6 - 11 tahun…

11 jam ago

Apel Gabungan Sebelum Pelaksanaan Operasi Penerapan Prokes

Kabupaten Semarang - Babinsa Peduli Wilayah Koramil 10/Sumowono Kodim 0714/Salatiga melaksanakan Operasi Yustisi yang digelar…

12 jam ago

Bencana Banjir Di Kecamatan Donorojo Melanda Enam Rukun Tetangga

Jepara – Hujan yang terus menguyur di wilayah Kabupaten Jepara menyebabkan tejadinya bencana banjir yang…

12 jam ago

Anggota TNI Dan PNS Kodim 0714/Salatiga Bacakan UUD 1945,Sapta Marga Dan Panca Prasetya Korpri

Salatiga-Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Loka Jaya Sembada,S.I.P menjadi Inspektur Upacara 17 an yang dilaksanakan di…

12 jam ago