Babinsa Potroyudan Dampingi Monev Warga Peduli Aids (WPA) Dan Pelayanan VCT Mobile Puskesmas Jepara

Jepara – Puskesmas Jepara terus gencar melaksanakan Monev Warga Peduli Aids (WPA) Dan Pelayanan VCT Mobile. Kali ini monev menyasar Atox Trans Expedition, di jalan KM Sukri No 129 Kelurahan Potroyudan Jepara, Kamis (21/11/2019).

Didampingi Lurah Potroyudan H Bahrom, Babinsa Potroyudan Koramil 01/Jepara Kopda Darmawan, Bhabinkamtibmas Bripka Kamil dan Bidan Retno Mariastuti, Monev WPA ini mengambil sample 20 sopir Atox Trans Expedition.

Hal tersebut dilakukan karena penyebaran virus HIV di wilayah Kabupaten Jepara berkembang sangat pesat. Perilaku sek bebas menjadi penyebab utama penyebaran virus tersebut.

Menurut Babinsa Kopda Darmawan, Monev yang dilakukan oleh Puskesmas Jepara ini dengan melakukan Skrining, mengambil sampel darah atau urine pasien untuk diteliti di laboratorium. Jenis skrining untuk mendeteksi HIV adalah Tes Antibodi dan Tes Antigen.

“Tes Antibodi ini bertujuan mendeteksi antibodi yang dihasilkan tubuh untuk melawan infeksi HIV. Meski akurat, perlu waktu 3-12 minggu agar jumlah antibodi dalam tubuh cukup tinggi untuk terdeteksi saat pemeriksaan,” jelasnya.

Sementara Tes antigen bertujuan mendeteksi p24, suatu protein yang menjadi bagian dari virus HIV. Tes antigen dapat dilakukan 2-6 minggu setelah pasien terinfeksi.

“Semua kegiatan ini untuk mendeteksi dan mendata penyakit HIV/Aids serta bertujuan untuk mencegah agar penyebaran virus tersebut tidak merambat kemana-mana,” terangnya. (pendim0719jpr/afid).

 

 

 

0719jepara

Share
Published by
0719jepara

Recent Posts

Danramil 04/Pecangaan Beserta Anggota Gencar Sosialisasikan Dan Himbau Pencegahan Covid-19.

Jepara  - Terkait untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan virus corona (Covid-19) terus dilakukan…

13 jam ago

Karya Bakti TNI Pengecoran Jalan Oleh Koramil 01/Jepara.

Jepara - Kegiatan karya bakti merupakan bentuk kepedulian aparat teritorial terhadap desa binaan serta sebagai…

13 jam ago

Ciptakan kerapian lingkungan Koramil 05/Mayong Gelar Karya Bakti Pembersihan Sungai.

Jepara - Anggota Koramil 05/Mayong, Kodim 0719/Jepara, menggelar karya bakti pembersihan lingkungan bersama warga masyarakat…

13 jam ago

Repot pembelajaran daring karena Internet sulit, Babinsa Wateshaji wujudkan impian anak-anak

[gallery] Pati-Ahirnya jerih payah yang telah dilakukan oleh Babinsa Wateshaji Sertu Edy Sulistyo terobati dengan…

14 jam ago

Kecamatan Getasan Siap Laksanakan BIAS

Getasan,Kab Semarang-Pelda Winarno mewakili Danramil 03/Getasan menghadiri Rapat Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah…

16 jam ago

Dandim Gowes Bareng Walikota Salatiga

Kebugaran tubuh adalah hal yang mutlak harus tetap terpelihara dan terjaga untuk prajurit TNI. Untuk…

18 jam ago