BERSIH GUNUNG MERBABU SAKA WIRAKARTIKA KODIM 0714 SALATIGA

Getasan,Kab Semarang- – Saka Wirakartika Kodim 0714 Salatiga ikut serta dalam kegiatan Pembinaan Lingkungan Hidup Kodim 0714 Salatiga Tahun Anggaran 2020 yang diselenggarakan oleh Korem 073 Salatiga pada hari Selasa (28/07) di obyek wisata Umbul Songo Kopeng Kecamatan Getasan Kab. Semarang yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Merbabu.

Kegiatan yang mengambil tema “Bersama Lestarikan Bumi Indonesia, Demi Masa Depan Generasi Penerus Bangsa”, di isi dengan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan upaya pelestarian dan pembersihan Taman Nasional Gunung Merbabu.

Kegiatan Pembinaan Lingkungan Hidup kali ini melibatkan beberapa elemen diantaranya dari Korem 073 /Salatiga, Kodim 0714 /Salatiga, Saka Wirakartika Kodim 0714/ Salatiga, Polsek Getasan, Polisi Hutan Taman Nasional Gunung Merbabu, Komunitas Pendaki Gunung, relawan SERI Getasan dan segenap komponen masyarakat lainnya, berjumlah sekitar 200 peserta.

Dalam amanatnya Letkol Arif Isnawan menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai tindakan pencegahan potensi terjadinya kebakaran hutan gunung Merbabu, yang saat ini memasuki musim kemarau yang mana kondisi tanah menjadi panas sehingga ada potensi kebakaran, oleh karena itu kegiatan ini memiliki andil untuk mencegahnya walaupun hanya usaha kecil dibanding luasan gunung Merbabu yang mencakup 3 kabupaten.

“Dengan terjadinya Pandemi COVID19 yang mengharuskan semua jalur pendakian ditutup, ini membawa hikmah tersendiri, yaitu alam mempunyai waktu yang panjang untuk melakukan rehabilitasi dengan sendirinya”Ujar Kasiter Korem tersebut

Apel pembukaan kegiatan ini diambil oleh Letkol Inf Arif Isnawan Kasiter Korem 073 Salatiga, dihadiri oleh segenap staff Korem, Pasiter Kodim 0714 Salatiga, Kapten Inf Sofyan, Camat Getasan.

Aktifitas yang dilakukan dalam kegiatan Pembinaan Lingkungan Hidup ini, para peserta dibagi menjadi 3 kelompok besar dengan tugas yaitu pembersihan aliran sungai yang melintas di kawasan Umbul Songo Kopeng yang berhulu di gunung Merbabu.

Sementara kelompok yang lain membuat penyekatan lahan dengan cara membersihkan rerumputan dan alang-alang selebar kurang lebih 1meter sepanjang jalur jalan setapak yang memisahkan antara hutan Merbabu dan perkampungan penduduk, dengan tujuan untuk melokalisir api jika terjadi potensi kebakaran.

Kelompok terakhir membuat media tanam pembenihan bibit tanaman yang akan digunakan untuk penghijauan Hutan Gunung Merbabu.

Disela-sela aktifitas yang dilakukan para relawan tersebut juga dilaksanakan penanaman pohon dalam rangka penghijauan hutan Gunung Merbabu yang dilakukan secara simbolis oleh Korem 073 Salatiga, Kodim 0714 Salatiga Camat Getasan dan Polsek Getasan.(Harri/Pendim0714

BERSIH GUNUNG MERBABU SAKA WIRAKARTIKA KODIM 0714 SALATIGA | kodimsalatiga | 4.5