Cegah Penyalahgunaan Narkoba,TNI Dan PNS Kodim Salatiga Tes Urine

Salatiga,Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain “narkoba”, istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

Narkoba sebenarnya adalah senyawa-senyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu.Namun kini persepsi itu disalahartikan akibat pemakaian di luar peruntukan dan dosis yang semestinya.

Hal tersebut disampaikan oleh Anik Rahayuningsih dari BNK Salatiga pada saat memberikan penyuluhan pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan Peredaran gelap narkoba serta tes urine bagi anggota TNI dan PNS Kodim 0714 /Salatiga di Aula Kodim 0714/Salatiga jalan Diponegoro No 35,Senin (10/09)

“Pada saat ini (2015) terdapat 35 jenis narkoba yang dikonsumsi pengguna narkoba di Indonesia dari yang paling murah hingga yang mahal seperti LSD. Di dunia terdapat 354 jenis narkoba.Pemasok Narkoba di Indonesia diketahui berasal dari Afrika Barat, Iran, Eropa, dan yang paling aktif adalah pemasok dari Indo China”

“Bahaya merokok bagi kesehatan yang paling utama datang dari racun karsinogen (penyebab kanker) dan karbon monoksida pada asap rokok. Kedua zat tersebut akan terhirup saluran pernapasan, yang pada akhirnya dapat memicu kerusakan organ dan menurunnya fungsi dari organ sistem jantung, pembuluh darah, dan pernapasan”tambahnya

Dalam acara Sosialisasi yang di hadir oleh kurang lebih 200 orang tersebut,juga dilaksanakan tes urine bagi anggota TNI dan Pns Kodim 0714/Salatiga.

“Sebagai prajurit TNI dan PNS sebaiknya kita jauhi dan tinggalkan semua bentuk narkoba baik sabu sabu,kokain ganja,minuman beralkohol dan lain lain yg bisa merusak dan membuat kita celaka d kemudian hari.saya mengajak kepada seluruh anggota kodim 0714/ slg untuk hidup yg sehat dan jauhi semua bentuk narkoba”hal tersebut disampaikan oleh Kasdim 0714/Salatiga Mayor Kav Burhanuddin.ST.(Pendim0714)

 

Cegah Penyalahgunaan Narkoba,TNI Dan PNS Kodim Salatiga Tes Urine | kodimsalatiga | 4.5