Categories: BeritaDemak

Dampingi Pengurus Dan Petugas Makam Sunan Kalijaga, Babinsa Kadilangu Berikan Imbauan Protokol Kesehatan Kepada Peziarah

Demak – Wali Songo merupakan tokoh pelopor penyebaran Islam di nusantara yang terpusat di Pulau Jawa sekitar abad ke-14. Wali Songo menjadi guru yang memberikan ajaran agama Islam yang damai.

Oleh karenanya, banyak warga yang ingin menghormati perjuangan Wali Songo dengan langsung mendoakan di makam para wali. Salah satu makam Wali Songo yang tidak pernah sepi adalah makam Sunan Kalijaga yang berada di Demak, Jawa Tengah.

Saking banyaknya pengunjung yang akan melaksanakan ziarah, petugas dan pengurus makam Sunan Kalijaga yang dibantu Babinsa setempat harus bekerja ektra keras, agar pelaksanaan ziarah dapat berlangsung dengan aman dan lancar, terlebih adanya pandemi Covid-19.

Koptu Toni Kurniawan, Babinsa Koramil 01/Demak mengatakan, banyaknya peziarah yang datang ke makam Sunan Kalijaga baik dari warga Kabupaten Demak sendiri maupun luar daerah membuat petugas kuwalahan, sehingga dirinya sebagai Babinsa Kelurahan Kadilangu berusaha membantu petugas dan pengurus makam dalam memberikan imbauan tentang protokol kesehatan.

“Kita dampingi petugas dan pengurus makam untuk memberikan imbauan, agar penyebaran Covid-19 tidak semakin meningkat,” ujarnya di lokasi makam Sunan Kalijaga, Rabu (18/11/2020).

Lebih lanjut, Babinsa yang sedang melaksanakan tes Secabareg ini menambahkan, sebagai seorang Babinsa harus peduli akan kondisi wilayah binaan, sehingga setiap ada kegiatan yang melibatkan banyak orang, dirinya harus sigap dan cepat memberikan imbauan protocol kesehatan, guna percepatan penanganan Covid-19 di wilayah, sesuai dengan instruksi dari pemerintah.

“Kita wajibkan para peziarah menggunakan masker, mencuci tangan sebelum memasuki area pemakaman dan tentunya juga tetap menjaga jarak aman dengan orang lain. Karena seperti yang kita ketahui, yang datang kesini dari berbagai daerah, sehingga langkah ini menjadi antisipasi penyebaran virus yang berasalh dari Wuhan, China ini,” tegas Koptu Toni.

pendimdemak

Share
Published by
pendimdemak

Recent Posts

Muscab IV BPC HIPMI Pati Tetapkan Ketua Baru

Muscab IV BPC HIPMI Pati Tetapkan Ketua Baru MURIAPOS.COM, PATI Dalam acara Musyawarah Cabang IV…

1 hari ago

Anggota Koramil Karangawen Bersama Dengan Polsek Dan Instansi Terkait Laksanakan Karya Bhakti Membersihkan Lingkungan

Demak- Peduli lingkungan baik itu tentang kebersihan, keamanan dan keindahannya merupakan tugas dan tanggungjawab seluruh…

2 hari ago

Dalam Rangka Memperingati HUT Korpri Ke 49 Anggota Kodim 0716/Demak Ikuti Apel Bersama Resik-Resik Kali Tuntang

Demak- Anggota Kodim 0716/Demak mengikuti apel bersama dalam rangka memperingati hari Korps Pegawai Republik Indonesia…

2 hari ago

Anggota Koramil 02/Bonang Bersama Warga Bersihkan Eceng Gondok Yang Menghambat Aliran Sungai

Demak- Antisipasi banjir, TNI dan masyarakat bersama-sama membersihkan sungai irigasi sepanjang 1 km serta sebagai…

2 hari ago

Begini Pesan babinsa Serma Wahyu Hidayat Saat Berkunjung Ke Tokoh Pemuda

Demak - Babinsa Koramil 12/Mranggen jajaran Kodim 0716 Demak Serma Wahyu Hidayat melaksanakan Komunikasi Sosial…

2 hari ago

Guna Ketertiban dan Kelancaran pendataan UMKM Babinsa Lakukan Pendampingan

Jepara – Bantuan program UMKM bagi pelaku usaha mikro kini dibuka kembali sebagai upaya untuk…

2 hari ago