Dandim Purwodadi Hadiri Pengucapan Sumpah Dan Janji DPRD  

GROBOGAN – Dandim 0717/Purwodadi Letkol Inf Asman Mokoginta  menghadiri    rapat paripurna ke 22 tahun sidang 2019 DPRD Kab. Grobogan dalam acara pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD Kab. Grobogan masa Bhakti  2019 – 2024. di Gedung Paripurna DPRD, Jl. Bayangkhara No 3 Purwodadi, Kab. Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (14/8/2019)

Acara pelantikan juga dihadiri oleh Bupati Grobogan Hj. Sri Sumarni SH, MM,  Kapolres Grobogan AKBP Choirun El Atiq, Ketua PN Cyrilla Nur Endah, serta pejabat  forkopimda lainya,  Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Camat se kabupaten  Grobogan,  Kabag dan Ka Dinas Instansi, Ka BUMD serta Ka BUMN,  Para Anggota DPRD kabupaten Grobogan terpilih.

Dalam sambutanya Ketua DPRD sementara Agus Siswanto mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan DPRD Kabupaten Grobogan Masa Bhakti 2014-2019 yang telah menyerahkan kepemimpinannya kepada kami, dimana sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam PasaI 165 Ayat (1) dan (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015, bahwa sebelum Pimpinan DPRD terbentuk, DPRD dipimpin oleh Pimpinan Sementara yang terdiri atas l (satu) orang Ketua dan 1 (satu) orang Wakil Ketua berasal dari Partai Politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama dan kedua di DPRD Kabupaten/ Kota.

“Terimakasih juga, kami haturkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Grobogan yang telah menggunakan hak pilih dalam Pemilu Serentak tanggal 17 April 2019 yang lalu dan telah memberikan amanah serta kepercayaan kepada kami untuk duduk sebagai anggota DPRD Kabupaten Grobogan. Demikian juga kami sampaikan terimakasih kepada segenap Anggota KPU , Bawaslu sampai dengan KPPS baik di tingkat Kabupaten, kecamatan maupun desa, yang telah bekerja ekstra keras, penuh pengabdian guna mewujudkan Pemilu yang jujur dan adil, serta aparat keamanan yang telah membantu menjaga kondusivitas,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Agus siswanto, tugas dan amanah yang diemban oleh anggota DPRD tidaklah mudah, selain sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, anggota DPRD harus mampu menyerap dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Oleh karena itu, penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kami sampaikan kepada pimpinan dan anggota DPRD kabupaten Grobogan Masa Bhakti 2014 – 2019 yang telah berhasil menyelesaikan tugasnya dengan sangat baik.

“Sehubungan dengan tugas-tugas kedewanan yang telah menunggu kami selaku anggota DPRD yang baru saja mengucapkan sumpah/janji, kami mohon doa restu serta dukungan dari para sesepuh/pinisepuh, tokoh masyarakat, tokoh agama, Ormas/LSM dan seluruh elemen masyarakat, semoga kami dapat menjalankan amanah ini dengan baik, lancar sampai dengan akhir masa pengabdian nanti,”pungkasnya.

Dalam sambutanya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang dibacakan Bupati Hj. Sri Sumarni mengatakan, bagi anggota Dewan yang baru menjabat segera kenali Tugas dan tanggungjawab dengan Gas Pol.

“Gubernur titip untuk membuat program yang ramah investasi dan pengembangan pariwisata, kedua sektor tersebut jika digarap dengan baik akan signifikan mengurangi angka kemiskinan Jateng. Terakhir saya ingin Bapak-lbu sekalian untuk menjunjung tinggi asas kepastian hukum, tertib penyelenggaraan negara, Kepentingan umum, keterbukaan, proposionalitas, profesionalitas, akuntabilitas,  efesiansi, efektabilitas, dan keadilan,” ujar Sri Sumarni.

Lebih lanjut dikatakan Sri, Pemprov Jateng terus berupaya memfokuskan program penanggulangan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Agar berbagai program pembangunan yang kami Iakukan dapat berhasil dan optimal, kami membutuhkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, termasuk pemerintah Kabupaten/Kota. DPRD sebagai lembaga legislatif daerah dan merupakan bagian tak terpisahkan dari pemerintah daerah.

“Sinergitas legislatif dan eksekutif amatlah penting utamanya dalam perencanaan anggaran maupun dalam penyusunan program strategis daerah serta pembentukan Perda-Perda sebagai Iandasan pembangunan daerah,” tutupnya.

Pada waktu yang sama Dandim 0717/Purwodadi Letkol Inf Asman Mokoginta   menyampaikan ucapan selamat kepada anggota DPRD Kabupaten Grpbogan yang baru dilantik. “Semoga menjadi wakil rakyat yang amanah dan menjadikan pemerintahan Kabupaten Grobogan  lebih maju serta dapat memenuhi harapan masyarakat baik berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan, pelayanan publik, pengembangan kehidupan demokrasi maupun peningkatan daya saing daerah,” tutur Dandim.(Pendim 0717/Pwd)

Dandim Purwodadi Hadiri Pengucapan Sumpah Dan Janji DPRD   | suwarto | 4.5