Di Serang Walang Sangit, Babinsa Kalipucang Wetan Bantu Petani Semprot Padi

Jepara – Babinsa Desa Kalipucang Wetan Koramil 06/Welahan Dim Jepara Koptu Munikan melaksanakan upaya khusus (upsus) pendampingan pertanian. Setelah membantu pengolahan dan penanaman, kini Koptu Munikan membantu petani dalam membasmi hama padi walang sangit dengan penyemprotan di sawah milik bapak Kusnan warga RT 02/02 Poktan Mukti 1 dan Mukti 2 desa Kalipucang Wetan Welahan Jepara, Kamis (07/02/2019).

Koptu Munikan mengatakan, penyemprotan ini untuk mengantisipasi hama walang sangit yang semakin hari semakin banyak merusak tanaman padi. Selain itu juga untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi serta menghilangkan rumput  ilalang yang bakal tumbuh di sekitar tanaman padi.

”Sekarang ini sudah masuk musim penghujan, tentu petani padi harus waspada adanya hama walang sangit, wereng, tikus hingga belalang di tanaman mereka. Sehingga pemeliharaan tanaman padi ini harus dilakukan secara ekstra keras, agar tanaman tersebut tidak mati,” ungkapnya.

Menurutnya, keberhasilan dalam pertanian akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat. Dengan begitu masyarakat akan terpenuhi persediaan pangan dan kesejahteraan masyarakat akan terjamin.

”Tak jarang petani malas membersihkan hama rumput. Padahal sebenarnya juga bisa dijadikan pupuk organik jika dikelola dengan baik,” imbuhnya.

Sementara itu bapak Kusnan menuturkan bahwa jikalau semua di kerjakan dengan memperkerjakan buruh tani, maka hasil dan pengeluaran tidak seimbang, apalagi biaya upah saat ini cukup mahal. “Saya sangat bersyukur ada bantuan tenaga dan masukan dari bapak Babinsa ini”, paparnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Di Serang Walang Sangit, Babinsa Kalipucang Wetan Bantu Petani Semprot Padi | 0719jepara | 4.5