Ditengah Wabah Corona, Pesta Lomban di Jepara Digelar Secara Sederhana

Jepara – Pesta Lomban di Kelurahan Ujung Batu, Kecamatan Jepara, yang terkenal akan kemeriahannya, kini hanya digelar secara sederhana. Tidak ada pengunjung atau warga yang menyaksikan. Hal ini dikarenakan adanya wabah Covid-19 yang melanda seluruh negara di dunia.

Kegiatan dimulai pukul 05.00 WIB, dengan doa bersama sebelum pemberangkatan pelarungan. Sekitar pukul 05.30 WIB dilanjutkan dengan prosesi pemberangkatan Larungan kepala kerbau ke tengah laut, menggunakan 1 unit kapal Mulyo Utomo dari HNSI. Dan setelah selesai pelarungan, tidak ada lagi kegiatan tambahan lainnya di sekitar TPI Ujung Batu.

Lurah Ujung Batu, Anjar mengatakan tradisi Lomban tahun ini dilaksanakan secara sederhana, dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Meskipun demikian, ia mengaku bersyukur karena acara tradisi Lomban bisa berjalan dengan lancar.

“Ini tugas yang berat tapi mulia. Kami koordinasikan dengan tokoh agama sesepuh, Alhamdulillah semua berjalan lancar,” kata Anjar saat ditemui, Minggu (31/5/2020).

Sementara itu, saat ditemui saat melakukan pengamanan, Babinsa setempat, Sertu Syarif Hidayat, menjelaskan, bahwa pelaksanaan Lomban dan rangkaian kegiatan lainnya, digelar dengan menggunakan protokol kesehatan. Hal ini sebagai langkah pencegahan Covid-19 saat pelaksanaan Lomban.

Ia berharap, pandemi Covid-19 cepat segera berakhir, sehingga tradisi pesta Lomban yang menjadi salah satu destinasi wisata Kabupaten Jepara kembali marak dan meriah, sehingga dapat kembali menarik para wisatawan, baik lokal maupun manca negara.

“Ini merupakan tradisi yang sudah turun temurun, sehingga warga tetap menggelarnya, meskipun dengan cara yang sederhana. Semoga pandemi Covid-19 cepat berlalu, sehingga pelaksanaan Lomban dapat kembali seperti sedia kala. Amin,” jelas Syarif. (pendim0719/afid).

 

 

 

 

 

 

Ditengah Wabah Corona, Pesta Lomban di Jepara Digelar Secara Sederhana | 0719jepara | 4.5