Donor Darah Ditengah Mewabahnya Virus Covid-19

GROBOGAN– Dalam rangka mengatasi keterbatasan persediaan darah di PMI akibat penyebaran covid-19 Kodim 0717/Purwodadi bekerjasama dengan PMI Kab. Grobogan menggelar bakti sosial (Baksos) donor darah yang diikuti ratusan anggota Prajurit/PNS TNI di Aula Makodim, Jl. Suhada No.2, Purwodadi, Grobogan, Senin (6/4)

Jajaran TNI AD, khususnya Kodim 0717/Purwodadi memberikan perhatian yang serius terhadap hal-hal yang berkenaan dengan bidang sosial kesehatan. Mengingat saat ini semua insan dimuka bumi ini termasuk Indonesi mengalami kecemasan, dengan perkembangan situasi yang terjadi saat ini, sehingga minat pendonor darah berkurang.

Mewabahnya Covid-19 ini belum bisa diprediksi kapan akan berakhir sebagai langgkah antisipasi seluruh jajaran TNI AD menggelar kegiatan donor darah untuk membantu PMI, dalam melayani masyarakat yang membutuhkan darah.

“Stok darah di PMI Grobogan memang masih aman namun kami harus mengantisipasi jika kekurangan stok. Mengingat saat ini masih physical distancing. Serta pembatasan keluar masuk. Tentunya partisipasi masyarakat untuk melakukan donor darah menjadi kurang dan bahkan tidak ada,” jelas Dandim 0717/Purwodadi Letkol Inf Asman Mokoginta.

Maka upaya sosial tersebut dimaksud untuk membantu PMI dalam penyediaan stok darah tersebut menjadi sangat penting. Apalagi di tengah mewabahnya virus corona. “Kegiatan ini melibatkan ratusan prajurit, dengan tidak mengabaikan aturan yang berlaku, atau bergiliran dengan tetap menerapkan physical distancing,” ujarnya.

Sedangkan Ketua PMI Grobogan Mohammad Soemarsono mengatakan penurunan pendonor itu dikarenakan kekhawatiran masyarakat dan adanya imbauan untuk tidak membuat kegiatan yang mengundang massa.

“Pendonor baru memang berkurang. Biasanya ada 50 orang, sekarang hanya 10 orang sampai 20 orang saja. Meski begitu, stok darah di PMI Grobogan masih aman, karena masih ada pendonor rutin yang datang ke kantor pelayanan unit donor darah PMI Grobogan,” katanya.

Menurutnya, saat ini baru Kodim 0717/Purwodadi yang berpartisipasi donor darah. “Mudah-mudahan diikuti instansi lain dalam menyumbangkan darah. Sehingga ketersediaan darah di Kabupaten Grobogan tetap terpenuhi dalam situasi corona ini,” pungkasnya.(Pendim 0717/Purwodadi)

Donor Darah Ditengah Mewabahnya Virus Covid-19 | suwarto | 4.5