Dua Pedukuhan di Demak, Distribusi Logistik Pemilu Pakai Perahu

Demak – Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus menggunakan perahu untuk mendistribusikan logistik Pemilu 2019 di Dukuh Seklenting, dan Dukuh Gojoyo Desa Wedung, Kabupaten Demak.

Pendistribusian tersebut dikawal langsung oleh Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar bersama-sama dengan Dandim 0716 Demak Letkol Inf.Abi Kusnianto dan Ketua KPU Demak Bambang Setya Budi. Kapal berangkat dari Balai Desa Wedung, Selasa (16/4/2019) sekitar pukul 17.00 WIB melalui Sungai Wulan yang berjarak 4,5 kilometer.

Ketua KPU Kabupaten Demak, Bambang Setya Budi, mengatakan untuk menuju Dukuh Seklenting memang harus melewati sungai dari pusat desa.

“Untuk distribusi ke Dukuh Seklenting dan Gojoyo memang harus pakai perahu, jaraknya sekitar 4,5 kilometer,” kata Bambang kepada wartawan.

Meski demikian, pihaknya memastikan bahwa distribibusi logistik Pemilu berjalan aman.

“Logistik kami pastikan aman. Karena pengiriman sudah sesuai prosedur. Bahkan dikawal langsung oleh Pak Kapolres dan Pak Dandim. Kita geser kotak suara langsung ke lokasi TPS sore ini sehingga untuk pengamanannya biar lebih mudah sehingga besok pagi sudah siap,” ujarnya.

Ditambahkannya, ada 25 kotak suara masing-masing Dukuh tersebut untuk 5 TPS. Kelima TPS di Dukuh Seklenting yaitu TPS 28, 29, 30, 31, dan 32 dengan total DPT di kelima TPS yaitu 1136 pemilih. Untuk dukuh Gojoyo juga terdapat lima TPS yaitu TPS 23, 24, 25, 26, 27 dengan total DPT di kelima TPS yaitu 1.213 pemilih.

Dia menambahkan ada 25 kotak suara untuk 5 TPS yang didistribusikan ke Dukuh Seklenting. Memang menurut ketentuan kotak suara harus didistribusikan tanggal 17 April 2019 pagi hari.

“Tetapi karena jarak yang cukup jauh dan tidak bisa pilih melalui jalur darat maka ada kebijakan khusus dari KPU Demak boleh diantar tanggal 16 juni 2019,” tuturnya.

Untuk sosialisasi memilih di Desa Seklenting dan dukuh Gojoyo, KPU Demak telah bekerjasama dengan semua pihak, pemerintah desa dan seluruh stakeholder termasuk kelompok relawan untuk terjun sampai ke desa terpencil termasuk di Dukuh Seklenting.

“Artinya kami yakin masyarakat sudah tahu terkait dengan proses pemungutan suara besok tanggal 17 April 2019,”jelasnya.

Kapolres Demak, AKBP Arief Bahtiar menyampaikan, pihaknya bersama-sama dengan Dandim 0716 Demak dan Ketua KPU Demak mengawal pengiriman kotak suara di daerah terpencil untuk memastikan keamanan distribusi surat suara dan kotak suara ke TPS.

“Kami mengecek kesiapan TPS mulai dari KPPS, linmas, anggota Polri dan TNI yang melaksanakan pengamanan di lokasi di Desa Seklenting,” tuturnya.

Untuk pengamanan TPS di daerah terpencil, Polres Demak akan membuat pola pengamanan 2 personel Polri untuk mengawasi 6 TPS, berbeda dengan pola pengamanan TPS biasa dimana 2 personel Polri untuk mengawasi 14 TPS.

“Kami juga mengecek kesiapan lokasi tempat penyimpanan kotak suara dan surat suara.Secara umum di Kabupaten Demak untuk surat suara dan kotak suara sudah berada di TPS masing-masing desa,” tandasnya.(MP)

Dua Pedukuhan di Demak, Distribusi Logistik Pemilu Pakai Perahu | pendimdemak | 4.5