Garjas Hari Kedua, Dandim 0719/Jepara Ikut Menjadi Peserta

Jepara – Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Arm Suharyanto mengikuti tes kesegaran jasmani (Garjas) Semapta Periodik I Tahun 2020 di lapangan GBK (Gelora Bumi Kartini) Jepara, Kamis (28/05/2020).

Pelaksanaan Garjas ini digelar secara kontinyu oleh Kodim 0719/Jepara selama 3 hari. Dimulai dari hari Rabu kemarin hingga Jumat esok, yang meliputi tes kesegaran “A” yaitu lari selama 12 menit dan tes kesegaran “B” yaitu pull p, sit up, push up serta shuttle run. Kemudian dilanjutkan tes ketangkasan renang gaya dada dengan jarak 50 meter.

Dandim melalui Plt Pasi Opsdim Letda Inf Agus Siswanto menyampaikan, kegiatan semapta periodik ini bertujuan untuk membina dan meningkatkan kemampuan para prajurit Kodim 0719/Jepara, dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI-AD.

“Kita gelar selama 3 hari, agar semua anggota bisa melaksanakan. Dimulai dari Rabu kemarin, hingga Jumat esok. Kebetulan Komandan Kodim juga ikut melaksanakan hari ini,” ujarnya.

Letda Agus menambahkan, pelaksanaan semapta periodik untuk mengukur kemampuan jasmani prajurit dalam kurun waktu 6 bulan sekali. Apakah ada peningkatan atau sebaliknya mengalami penurunan.

“Apabila jasmani prajurit meningkat, maka harus dipertahankan. Akan tetapi apabila jasmani prajurit menurun, maka perlu adanya evaluasi dan diadakan pembinaan fisik secara kontinyu di satuan,” imbuh Plt Pasi Ops.

Dirinya juga meminta agar seluruh anggota melaksanakan tes Garjas dengan sungguh-sungguh, dengan memaksimalkan hasil yang dicapai, dengan tidak melupakan faktor keamanan dan kesehatan.

“Utamakan faktor keamanan selama pelaksanaan. Dan bagi yang mempunyai riwayat penyakit, tensi tinggi atau lainnya, laksanakan semampunya. Karena suatu latihan tidak dikatakan sukses kalau ada pesertanya yang cidera, apalagi sampai meninggal dunia,” tandasnya. (pendim0719/jepara).

Garjas Hari Kedua, Dandim 0719/Jepara Ikut Menjadi Peserta | 0719jepara | 4.5