Categories: Beritapati

Gelapkan 157 Juta Dana UPK Kayen, Polres Pati Bekuk TSZ

Gelapkan 157 Juta Dana UPK Kayen, Polres Pati Bekuk TSZGelapkan 157 Juta Dana UPK Kayen, Polres Pati Bekuk TSZ

Muriapos.com – PATI, Satreskrim Polres Pati mengamankan TSZ (36), warga Desa Trimulyo, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Dia ditangkap pihak kepolisian atas dugaan kasus tindak pidana korupsi.

Dalam konferensi pers di Mapolres Pati, Jumat (11/10/2019), Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto mengatakan, tersangka diduga menyelewengkan dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) yang berada di Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Syeh Jangkung Kayen Tahun Anggaran 2014-2015.

“Modus operandinya, dana UPK Syeh Jangkung diselewengkan dan digunakan secara pribadi. Berdasarkan hasil audit, total kerugian negara akibat tindakan pelaku ialah sebesar Rp 260,75 juta,” ungkap AKBP Jon Wesly.

Menjelaskan kronologi kejadian, AKBP Jon Wesly mengatakan, sekitar Agustus 2014 hingga Januari 2015, TSZ yang merupakan ketua SPP (10 kelompok) di Desa Trimulyo mengajukan pinjaman ke UPK Syeh Jangkung.

Namun, mulai Juli 2015, kelompok yang diketuai tersangka sudah tidak lagi menyetorkan pembayaran kepada UPK Syeh Jangkung.

Kemudian, Sugiyanto dari Badan Pengawas UPK Syeh Jangkung mengklarifikasi beberapa anggota kelompok yang diketuai tersangka.

“Hasilnya, ternyata tersangka meminjam KTP pada beberapa anggotanya yang telah melunasi pinjamannya,” lanjutnya.

“Kemudian KTP itu digunakan tersangka untuk meminjam uang ke UPK Syeh Jangkung dan menggunakannya untuk kepentingan pribadi,” urainya.

AKBP Jon Wesly mengatakan, atas perbuatan tersangka, pihak UPK Syeh Jangkung telah berupaya melakukan mediasi. Namun, tidak berhasil mendapatkan titik temu.

Akhirnya, melalui Musyawarah Antar Desa (MAD), kasus ini diselesaikan secara hukum dan Tersangka pun dilaporkan dan ia ditangkap di Jakarta.

Sementara, barang bukti yang disita oleh petugas kepolisian adalah uang sebesar Rp 50 juta dan satu bendel dokumen pengajuan, pencairan, serta berita acara penyelesaian masalah pinjaman UPK Syeh Jangkung.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 2 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001.

Sementara, TSZ mengaku tidak menyetorkan angsuran kelompok ke UPK. Uang tersebut dipergunakannya untuk berobat. (MP/ dok Humas Respati)

muriapos.com

Share
Published by
muriapos.com
Tags: kayenPati

Recent Posts

Jihan Audy Gemparkan Expo Karnaval TNI Bersama Rakyat Grobogan

GROBOGAN – Lautan manusia membanjiri Alun-alun Purwodadi, Kab. Grobogan untuk bergoyang bersama dengan artis idolanya Jihan Audy pada acara Expo…

1 menit ago

Bhakti Sosial Sunatan Masal Gratis Dalam Rangka HUT TNI Ke 74 Di Gelar Oleh Koramil 13/Karangawen

Demak– Bertempat di Klinik Qhoir Akbar ds Brambang, Koramil 13/Karangawen Kodim 0716/Demak menyelenggarakan kegiatan Bhakti Sosial berupa Khitanan Masal. Bhakti…

23 jam ago

Babinsa Jragung Melaksanakan Mediasi Antara Kedua Warga Yang Bertikai

Demak– Sertu Masrokin Babinsa Desa Jragung Anggota dari Koramil 13/Karangawen Kodim 0716/Demak dan Babinkamtibnas Desa Jragung Bripka Handoko melaksanakan mediasi…

23 jam ago

Piket Koramil Karangawen Bersama Polsek Berikan Rasa Aman Warga Dengan Patroli Bersama

(Kodim 0716 Demak),Patroli malam adalah suatu kegiatan yang sangat efektif, untuk meminimalisir tindak kriminalitas, dimana pada malam hari waktu yang…

23 jam ago

RESMIKAN LOKASI WISATA EDUKASI KERAMIK, BUPATI : AYO MBOLANG NING BALONG

Muriapos.com BLORA,- Bupati Djoko Nugroho bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Dra. Hj. Umi Kulsum pada hari Rabu (16/10/2019)…

2 hari ago

PLN SIAP DUKUNG PENGEMBANGAN EKONOMI KAB.BLORA

Muriapos.com BLORA,- Untuk mensinergikan informasi pelayanan, dan pembangunan ketenagalistrikan yang berintegritas, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) UP3 Kudus menggelar…

2 hari ago