Babinsa Dampingi Panen Padi Hasil Ujicoba Bibit Unggul Varian Trisakti 70

PATI – Guna mewujudkan swasembada pangan di Indonesia, selain Alsintan perlu juga adanya benih tanaman padi bibit unggul.
Salah satunya yang telah di uji coba oleh Kelompok Tani Makmur 1 Desa Tanjang kecamatan Gabus Kabupaten Pati.

Dengan ujicoba menanam padi bibit unggul padi jenis Trisakti 70, diharapakan dalam jangka waktu 70 hari sudah membuahkan hasil dengan panen lebih cepat dan hasil panennya pun sama seperti bibit unggul lainya. Seperti namanya, kelebihan dari bibit tersebut hanya memakan waktu 70 hari.

Salah satu wilayah yang menjadi percontohan adalah kelompok tani Makmur I yang berada di Desa Tanjang Kecamatan Gabus. Dalam pelaksanaan uji coba tanam tersebut, Kelompok Tani ini didampingi PPL dan Babinsa Desa Tanjang Serda Suwardjo. Panen kali ini pun mereka tetap bersinergi dalam kebersamaan.

Apa yang dilakukan Serda Suwarjo sesuai dengan instruksi pimpinan untuk melakukan pendampingan di pertanian dari mulai pengolahan lahan, pembibitan, tanam, perawatan sampai panen.
Sebagai seorang Babinsa bersama Penyuluh Pertanian Lapangan selalau ikut mendampingi petani agar terwujudnya program pemerintah swasembada pangan tercapai.

Seperti saat ini, Serda Suwardjo terjun langsung mendampingi panen padi bersama petani di lahan milik bapak Karsiman salah seorang anggota kelompok tani Mamur I desa Tanjang Kecamatan Gabus, Sabtu (09/02/19).

Karsiman  ketua Kelompok Tani Makmur I, yang sekaligus pemilik lahan seluas 1,5 Ha mengatakan, dalam musim panen ini kami bersyukur atas hasil panen yang cukup bagus, karena kemarin sempat ada rasa khawatir akan gagal panen karena luapan Sungai Silugonggo.

“Atas petunjuk dan arahan dari PPL dan Babinsa dengan menggunakan jenis bibit yang baru kami bisa panen lebih cepat dan memuaskan,” ujarnya. (ky/sol)

Babinsa Dampingi Panen Padi Hasil Ujicoba Bibit Unggul Varian Trisakti 70 | massohel3193@gmail.com | 4.5