Berita

Keluarga Besar Kodim 0716/Demak Mengucapkan Selamat Hari Pahlawan Tahun 2021

 

DEMAK – Peringatan Hari Pahlawan merupakan peringatan penting bagi bangsa Indonesia. Hari Pahlawan selalu diperingati setiap tahun pada tanggal 10 November, dan sekarang sudah masuk pada tahun ke 2021.

 

Peringatan Hari Pahlawan 2021 ini kembali mengingatkan para masyarakat Indonesia, untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan negara Indonesia.

 

Dalam peringatan Hari Pahlwanan kali ini, Komandan Kodim 0716/Demak mewakili seluruh keluarga besar Kodim 0716/Demak mengucapkan selamat hari pahlawan tahun 2021.

 

“Mewakili seluruh keluarga besar Kodim 0716/Demak, kai menyampaikan selamat Hari Pahlawan tahun 2021. Semoga Semangat para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dapat menjadi inspirasi kita sebagai generasi penerus bangsa,” ucap Dandim disela-sela tugasnya, Rabu (10/11/2021).

 

Menurut Dandim, peringatan Hari Pahlawan didasari dengan adanya  peristiwa heroik dari para pahlawan kita, yaitu pada peristiwa pertempuran tahun 1945 di Surabaya dengan banyaknya korban yang berjatuhan.

 

Peristiwa pertempuran 10 November bermula dari aksi gencatan senjata yang disepakati tentara Indonesia dengan tentara Inggris pada 29 Oktober 1945. Meskipun begitu, bentrokan senjata antara rakyat Indonesia dengan tentara Inggris masih saja terjadi di Surabaya. Dalam peristiwa ini, banyak rakyat Surabaya yang menjadi korban. Ini merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

 

Pada tanggal 16 Desember 1959, Presiden Soekarno menetapkan 10 November sebagai Hari Pahlawan Nasional. Sehingga setiap tanggal 10 November bangsa Indonesia memperingatinya sebagai Hari Pahlawan.

 

“Pertempuran rakyat Surabaya melawan para penjajah pada 10 November ini memang menjadi salah satu kisah penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Dengan begitu, masyarakat Indonesia perlu mengetahui bagaimana sejarah pertempuran 10 November yang kini diperingati sebagai Hari Pahlawan setiap tahunnya. Sekali lagi, selamat Hari Pahlawan Nasional tahun 2021,” tutup Dandim. (pendim0716/afid).

pendimdemak

Share
Published by
pendimdemak

Recent Posts

Ciptakan Susana Kerja Yang Nyaman, Personil Koramil 10/Selomerto Bersihkan Pangkalan

Muriapos.com, Wonosobo - Disela-sela rutinitas personel Koramil 10/Selomerto melaksanakan pembersihan lingkungan dan perbaikan garasi di…

10 jam ago

Dandim Pati Membuka Acara Sosialisasi Rekrutmen Prajurit TNI AD Dari Jalur Santri Dan Lintas Agama

PATI,MURIAPOS.COM Kodim 0718/Pati menggelar kegiatan sosialisasi rekrutmen prajurit dari jalur santri dan lintas agama untuk…

12 jam ago

Pendampingan Babinsa Pledokan Saat Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Kabupaten Semarang - Babinsa Serda Tuslam melaksanakan pendampingan vaksin anak usia 6 - 11 tahun…

12 jam ago

Apel Gabungan Sebelum Pelaksanaan Operasi Penerapan Prokes

Kabupaten Semarang - Babinsa Peduli Wilayah Koramil 10/Sumowono Kodim 0714/Salatiga melaksanakan Operasi Yustisi yang digelar…

12 jam ago

Bencana Banjir Di Kecamatan Donorojo Melanda Enam Rukun Tetangga

Jepara – Hujan yang terus menguyur di wilayah Kabupaten Jepara menyebabkan tejadinya bencana banjir yang…

13 jam ago

Anggota TNI Dan PNS Kodim 0714/Salatiga Bacakan UUD 1945,Sapta Marga Dan Panca Prasetya Korpri

Salatiga-Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Loka Jaya Sembada,S.I.P menjadi Inspektur Upacara 17 an yang dilaksanakan di…

13 jam ago