Berita

Koarmada III Gelar Latihan Pengamanan VVIP di Pelabuhan Arar Sorong

Sorong, muriapos.com – Latihan Pengamanan Very Very Important Person (VVIP) Komando Armada III TA 2023 telah memasuki tahap Manuver Lapangan (Manlap), adapun latihan Manlap ini dipimpin oleh Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto yang mewakili Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) IIl Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi yang dilaksanakan di Pelabuhan Arar Kab Sorong Papua Barat Daya., adapun latihan tersebut mengambil tema, “Koarmada III Melaksanakan Latihan Pengamanan VVIP TA 2023 di Wilayah Sorong dan Sekitarnya Dalam Rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut”.Jumat (19/11/2021).

Skenario yang dilatihkan diawali dengan kunjungan VVIP meninjau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong yang terletak di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, namun mendapatkan aksi unjuk rasa dari kelompok pendemo yang menolak karena menuntut keadilan, situasi pendemo berubah anarkis semakin tidak kondusif gerbang masuk ditutup oleh para pendemo.

Setelah dikordinasikan dengan Paspampres, selanjutnya VVIP di evakuasi melalui jalur laut menggunakan KRI Bawal-875 namun ditengah perjalanan, KRI Bawal-875 dihadang oleh perahu pendemo, selanjut Kal Wayag I-14-10 dan RHIB G7 Combat Satkopaska Koarmada III sebagai Kapal Kawal VVIP menghalau demo diatas laut yang mencoba mendekati KRI Bawal-875, dengan melakukan tindakan tegas terukur, sehingga perahu pendemo menjauh untuk melarikan diri, setelah para perahu pendemo berhasil di halau, KRI Bawal-875 meneruskan perjalanan dengan kecepatan tinggi menuju daerah aman yaitu Dermaga Lantamal XIV Sorong.

Demikian sekenario Latihan Pengamanan Very Very Important Person (VVIP) Komando Armada III TA 2023, yang selanjutnya bertempat di Gedung Serbaguna Mas Pardi Mako Koarmada III, dilaksanakan Briefing Akhir yang dipimpin Kepala Staf Koarmada III, dimana pada kesempatan tersebut Kepala Staf Koarmada III membacakan amanat tertulis Pangkoarmadai III sebagai Direktur Latihan yang menyampaikan bahwa, latihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan taktis unsur-unsur maupun satuan jajaran Koarmada III dalam melaksanakan tugas operasi Pengamanan VVIP Aspek Laut di wilayah kerja Koarmada III.

” Secara umum, kegiatan latihan ini telah terlaksana dengan baik. para peserta latihan telah mampu memahami dan melaksanakan tugas pokoknya masing-masing dengan penuh rasa tanggung jawab serta mengutamakan kerjasama tim dalam mengatasi hambatan dan tantangan yang muncul,” ungkap Pangkoarmada III.

Selanjutnya Pangkoarmada III berpesan agar seluruh Prajurit di jajaran Koarmada III untuk selalu mengasah profesionalisme masing-masing serta menjaga kondisi teknis materiil alutsista yang dimiliki sehingga kesiapsiagaan operasional unsur dan satuan jajaran Koarmada III dapat selalu terjaga.

(Koarmada III)

 

m@s

Share
Published by
m@s

Recent Posts

Danrem 073/Mkt Pimpin Sertijab Dandim Pati Dan Dandim Rembang

Salatiga,Muriapos.com Komandam Korem 073/Makutarama Kolonel Inf Purnomosidi, S.I.P., M.A.P. memimpin upacara serah terima jabatan dua…

3 hari ago

Tim Pesparawi Gabungan Koarmada III dan Lantamal XIV Juara Umum Lomba Pesparawi tingkat TNI Angkatan Laut

Surabaya, muriapos.com - Tim Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Gabungan Koarmada III dan Lantamal XIV…

3 hari ago

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto Menjadi Saksi Pelantikan Kasad

Jakarta, muriapos.com - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menjadi saksi pelantikan Kepala Staf TNI…

4 hari ago

Dilantik Jadi Kasad, Jenderal Maruli Pastikan TNI AD Netral Dalam Pemilu

Jakarta, muriapos.com - Usai dilantik secara resmi menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) oleh Presiden…

4 hari ago

Koharmatau Gelar Rapat Koordinasi Penyusunan Revisi DSP Inspektor Harmatsista

Bandung, muriapos.com - Komandan Koharmatau Marsma TNI Oki Yanuar, S.T., dalam sambutannya yang dibacakan Dirlambangja…

4 hari ago

Reaksi Cepat Anggota Koramil 20/Tambakromo Perbaiki Tanggul Sungai Jebol

Pati,Muriapos.com Babinsa Desa Angkatankidul Serka Agus Joko Purnomo Koramil 20/Tambakromo Kodim 0718/Pati beserta 9 anggota…

4 hari ago