Kodim 0717/Purwodadi Menggelar Pembinaan Netralitas TNI Dalam Pemilu 2019

GROBONGAN-Guna memastikan dan menegaska Netralita TNI pada Pemilu tahun 2019, Kodim 0717/Purwowdadi menggelar kegiatan Pembinaan Netralitas TNI dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019, yang diikuti oleh 115 orang Pejurit dan PNS TNI dan perwakilan anggota Persit bertempat di Ruang Data Makodim Jl. Suhada No. 2, Purwodadi, Kab. Grobogan, Jumat (15/3).

Kegiatan Bin Netralitas TNI tersebut dihadiri oleh Kasdim 0717/Purwowdadi Mayor Inf Nehemia Urim Perdana, Para Perwira Staf Kodim, para Danramil jajaran beserta anggota, anggota Satdisjan,  dan perwakilan anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXVIII Dim 0717/Pwd.

Dalam sambutanya Dandim 0717/Purwodadi Letkol Inf Asman Mokoginta yang dibacakan Kasdim Mayor Inf Nehemia Urim Perdana mengatakan, Pileg/Pilpres mempunyai nilai strategis bagi perjalanan bangsa Indonesia karena akan menentukan siapa pemimpin Negara/Daerah untuk periode lima tahun kedepan, dalam pelaksanaan Pileg/Pilpres setiap Prajurit TNI wajib bersikap netral yaitu tidak memihak dan tidak memberikan dukungan dalam bentuk apapun kepada salah satu kontestan peserta Pileg/Pilpres.

Lebih lanjut, Dandim mengajak kepada seluruh anggota Kodim untuk memahami dan dimengerti tentang Netrallitas TNI pada Pemilu, karena hal tersebut suatu kewajiban yang harus dijalankan oleh seluruh Prajurit, sebagaimana telah diperintahkan oleh Panglima TNI dan Kepala Staf Anggkatan Darat (Kasad).

Dandim berpesan kepada seluruh Prajurit Kodim 0717/Purwodadi agar dapat menjaga Netralitas dalam pelaksanaan Pesta demokrasi tahun 2019, ia juga berharap di Kabupaten Grobogan Pileg dan Pilpres berjalan dengan aman dan tertib tanpa ada pelanggaran.

“Diharapkan seluruh anggota kodim baik TNI maupun PNS agar bersikap Netral, sehingga dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres di Grobogan tidak ada pelanggaran, saya akan bertindak tegas apabila mendapati anggota Kodim yang melanggar,” Pesan Dandim.

Selanjutnya, dalam kegiatan tersebut Pasi Intel Kapten Inf Milton Simamora menjelaskan, Netralitas TNI yang merupakan bagian dari komitmen TNI dalam rangka ikut serta mensukseskan pelaksanaan Pemilu baik Pileg maupun Pilpres. Nertalitan TNI merupakan pelaksanaan Reformasi internal TNI yang bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis.

“Netralitas TNI dengan cara tidak berpihak, tidak ikut  dan tidak membantu salah satu pihak penyelenggara Pemilu dengan memfasilitasi kendaraan dinas dan memakai atribut salah satu peserta caleg tersebut” jelas Kapten Inf Milton Simamora.

Lebih lanjut dikatakan Pasi Intel, “Dalam bersikap Netralitas, yang bahwasanya TNI dilarang mendukung atau mengarahkan kepada salah satu Paslon/Calon dan juga dilarang bertindak yang berakibat menguntungkan atau merugikan salah satu Calon peserta Pemilu,” pungkasnya.(Pendim 0717/Pwd)

Kodim 0717/Purwodadi Menggelar Pembinaan Netralitas TNI Dalam Pemilu 2019 | suwarto | 4.5