Berita

Kompak, Bhabinkamtibmas Dan Babinsa Latih Linmas Desa Binaan

Muriapos.com BLORA,- Kebakaran merupakan bencana yang tidak dapat diprediksi dan bisa terjadi sewaktu-waktu, banyaknya kasus kebakaran di berbagai daerah berdampak pada kerugian baik materi maupun bukan materi.

Untuk antisipasi serta menanggulangi secara dini apabila terjadi kebakaran, Bhabinkamtibmas Polsek Japah, Polres Blora Bripka Eko Siswanto, bersama Babinsa Koramil Japah. Memberikan pengetahuan tata cara memadamkan api kepada 20 anggota Limas Desa Kerocok, Kecamatan Japah, Blora, Selasa (03/03/2020).

Dalam Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Balai Desa Kerocok tersebut, Bripka Eko Siswanto yang didampingi Babinsa dengan serius memberikan edukasi pemadaman api dengan menggunakan karung dan alat pemadam kebakaran (apar) kepada anggota Linmas Desa tersebut.

Selain itu, dirinya juga memberikan materi pembinaan serta penyuluhan terkait kesiap siagaan dalam menghadapi bencana banjir dan menyikapi berita hoax Jelang Pilkada Kabupaten Blora tahun 2020 ini.

Disela-sela latihan Bripka Eko Siwanto mengatakan, pengetahuan tersebut diperoleh ketika adanya pelatihan Bhabinkamtibmas Polres Blora bersama BPBD Kabupaten Blora beberapa waktu lalu. Walau cuma pengetahuan dasarnya saja, kami harap semoga bermanfaat dan berguna bagi orang lain.

“Pelatihan tersebut kita berikan kepada anggota Linmas agar selalu siap siaga dalam menghadapi segala bencana terutama kebakaran,” ucapnya.

Lanjutnya, kegiatan tersebut bertujuan untuk membekali Linmas dengan ilmu dan pengetahuan tentang usaha preventif penanggulangan bencana khususnya kebakaran. Serta mengajarkan tentang cara menggunakan alat Pemadam APi Ringan (APAR) apabila api belum sempat membesar.

“Dari cara membuka kunci APAR yang merupakan alat inventaris Desa, hingga cara memadamkan dengan cara menyemprotkan langsung dari sumber apinya,” tambah Bripka Eko Siwanto.

Sementara itu Kapolsek Japah, AKP Yulianto, S.H mengungkapkan bahwa pelatihan tersebut untuk meningkatkan kemampuan Linmas Desa Kerocok agar selalu sigap tanggap bencana. Selain itu juga diberikan materi tentang cara melaksanakan patroli malam hari ketika menjaga Pos Kamling untuk menjaga situasi tetap aman dan kondusif.

“Semoga pelatihan ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Linmas Desa Kerocok dalam melaksanakan tugasnya,” pungkasnya.(BRT)

dim0721brotoseno

Share
Published by
dim0721brotoseno

Recent Posts

Gladi Bersih HUT Ke-77 RI Di Kabupaten Pati Digelar Di Alun-Alun Pati

PATI,MURIAPOS.COM Menjelang puncak peringatan HUT ke – 77 Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2022 di…

13 menit ago

Sasar Obyek Wisata Petugas Gabungan Himbau Masyarakat Patuhi Prokes.

Jepara - Objek wisata menjadi salah satu sasaran oleh petugas gabungan TNI-Polri wilayah Kecamatan Jepara…

2 jam ago

Gelar Patroli Di Tempat Keramaian Guna Beri Imbuan Protokol Kesehatan Kepada Masyarakat

Jepara - Di tengah situasi pandemi petugas gabungan TNI-Polri rutin gelar patroli malam hari dalam…

4 jam ago

Petugas Gabungan Minta Masyarakat Tetap Waspada Terhadap Prokes dan Kamtibmas

JEPARA - Untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat, petugas gabungan dari TNI-Polri dan wilayah Kabupaten…

16 jam ago

Bhakti Sosial Khitanan Massal  Anak Batas Negeri

Sambas, muriapos.com  - Satgas Pamtas Yonif 645/Gty bersama Puskesmas Temajuk dan Rumah Zakat Kalbar (Aksi…

19 jam ago

Sasar Pasar Tradisional, Petugas meminta Masyarakat Tetap Patuhi Prokes

  Jepara - Dengan kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Jepara sudah terkendali serta adanya pemerintah…

20 jam ago