Kreatif, Tiga Mahasiswa UMK Ini Buat Bakso dari Ikan Asin

MURIAPOS.COM – KUDUS, Ditangan tiga mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) ini, ikan asin jadi naik kelas dengan menjadikannya BAKASIN (Bakso Ikan Asin).
Mereka adalah, Edi Waluyo jurusan TI semester VIII, Khusnul Farida jurusan Manajemen semester VI dan Miftahul Inayah Semester VI Progdi Akuntansi berhasil lolos seleksi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (DIKTI).
dok, Edi Waluyo
Ketiganya mengajukan program kewirausahaan BAKASIN ini terinspirasi dari kondisi ekonomis dan geografis penduduk domisili rumah ketiga mahasiswanya, yakni daerah Rembang dan Pati. Di pesisir, memang produk ikan asin langsung di jual tanpa pengolahan lebih lanjut, sehingga nilai ekonomisnya rendah.
“Kebanyakan para penduduk hanya memanfaatkan ikan asin untuk langsung dijual tanpa diolah,” ungkap Edi. Sehingga nilai jual ekonomisnya lebih rendah.
Karena itulah mereka membuat bakso ikan asin ini, dari ikan asin lalu diolah menjadi bakso ikan asin, nilai ekonomis yang didapatkan menjadi lebih tinggi. Untuk masa kadaluarsa, saat ini masih dalam proses pengujian, hanya pihaknya sudah mencoba menjualnya ke masyarakat dengan kerjasama di beberapa toko, tiga toko di Pati dan satu toko di Kudus sudah menunjukkan respon dengan bagus.
“Produk di titipkan 1 minggu, setelah itu kami ganti dengan yang baru. Sudah ada sambal didalamnya, dan dikemas dalam plastik mika dan dibungkus kardus. Rata-rata kalangan bapak- bapak dan ibu-ibu menyukainya, dan menyarankan untuk ditambahi nasi,” ungkapnya.
Pihaknya juga mempromosikan produknya dengan ikut stan UMKM Pati di dandangan kemarin. Sekitar 30 bungkus berhasil terjual. Mengenai proses penilaian dari DIKTI, setelah lolos seleksi, lalu didanai, praktek, dan dimonitoring dan setelah lebaran akan diumumkan via online dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tahun 2017.
“Harapannya, setelah proses uji laboratorium usai, produk kami bisa diakui oleh UMKM Pati, dan sedikit demi sedikit akan dipatenkan,” imbuhnya. (ys)
-6.7726186110.8791343
Share
Published by

Recent Posts

Ciptakan Susana Kerja Yang Nyaman, Personil Koramil 10/Selomerto Bersihkan Pangkalan

Muriapos.com, Wonosobo - Disela-sela rutinitas personel Koramil 10/Selomerto melaksanakan pembersihan lingkungan dan perbaikan garasi di…

10 jam ago

Dandim Pati Membuka Acara Sosialisasi Rekrutmen Prajurit TNI AD Dari Jalur Santri Dan Lintas Agama

PATI,MURIAPOS.COM Kodim 0718/Pati menggelar kegiatan sosialisasi rekrutmen prajurit dari jalur santri dan lintas agama untuk…

12 jam ago

Pendampingan Babinsa Pledokan Saat Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Kabupaten Semarang - Babinsa Serda Tuslam melaksanakan pendampingan vaksin anak usia 6 - 11 tahun…

13 jam ago

Apel Gabungan Sebelum Pelaksanaan Operasi Penerapan Prokes

Kabupaten Semarang - Babinsa Peduli Wilayah Koramil 10/Sumowono Kodim 0714/Salatiga melaksanakan Operasi Yustisi yang digelar…

13 jam ago

Bencana Banjir Di Kecamatan Donorojo Melanda Enam Rukun Tetangga

Jepara – Hujan yang terus menguyur di wilayah Kabupaten Jepara menyebabkan tejadinya bencana banjir yang…

13 jam ago

Anggota TNI Dan PNS Kodim 0714/Salatiga Bacakan UUD 1945,Sapta Marga Dan Panca Prasetya Korpri

Salatiga-Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Loka Jaya Sembada,S.I.P menjadi Inspektur Upacara 17 an yang dilaksanakan di…

14 jam ago