Lomba Pelayanan IVA, Salah Satu Cara Meminimalisir Jumlah Perempuan Yang Positif Prakanker Atau Terkena Kanker Serviks

Jepara – Bertempat di Puskesmas Mayong II desa Jebol RT 07/01 kecamatan Mayong kabupaten Jepara, Danramil 05/Mayong yang di wakili Serma Sodiq menghadiri Sosialisasi Kesehatan Deteksi Dini Kanker serviks, Pemeriksaan IVA  dan Penilaian Lomba Pelayanan IVA tingkat kabupaten Jepara, Rabu (05/12/2018).

Nampak hadir dalam acara tersebut Camat Mayong yang di wakili Sekcam bapak Arif Budianto SH, Danramil Mayong diwakili  Serma Sodiq, Kapolsek Mayong diwakili Aiptu Fitri, Kepala Puskesmas Mayong II Karsono SKM MNa, Tim Penilai PKK dari kabupaten Jepara ibu Hj Agus Salim, Babinsa dan Bhabinkamtibnas.

Sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang cara mendeteksi dini kanker serviks menggunakan metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) dan pencegahan kanker payudara dengan SADANIS. IVA test merupakan salah satu cara untuk mendeteksi sedini mungkin penyakit kanker serviks atau kanker leher rahim. Kanker serviks sendiri merupakan kanker yang muncul pada leher rahim wanita, yang berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Semua wanita dari berbagai usia berisiko menderita kanker serviks. Tapi, penyakit ini cenderung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual.

Menurut Ibu Hj Agus Salim selaku Tim Penilai dari kabupaten Jepara, Penilaian yang di lakukan mempunyai beberapa indikator penilaian diantaranya jumlah wanita subur yang mau untuk diperiksa terkait test yang di peruntukan untuk perempuan yang sudah menginjak usia 30-50 tahun. “Dengan adanya perlombaan ini diharapkan dapat meminimalisir jumlah perempuan yang positif prakanker atau terkena kanker serviks dengan mendeteksi sedini mungkin melalui IVA test”, pungkasnya.

 

 

Lomba Pelayanan IVA, Salah Satu Cara Meminimalisir Jumlah Perempuan Yang Positif Prakanker Atau Terkena Kanker Serviks | 0719jepara | 4.5