Demak

Makna Hari Pahlawan Menurut Dandim 0716/Demak, Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo

 

DEMAK – Hari ini, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan yang setiap tahun yang jatuh pada tanggal 10 November. Peringatan Hari Pahlawan ini adalah untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah gugur berjuang mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

 

Tahun ini, Indonesia mengambil tema ‘Pahlawanku Inspirasiku’ dalam memperingati Hari Pahlawan pada 10 November 2021. Peringatan Hari Pahlawan didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur dan ditandatangani oleh Presiden Soekarno. Keputusan ini untuk mengenang jasa pahlawan dan tragedi 10 November 1945 di Surabaya.

 

Menurut Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo, hari Pahlawan sekiranya tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November, namun lebih dari pada itu yakni bagaimana cara menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi muda untuk mengisi kemerdekaan.

 

Ini dimaksudkan agar setiap insan masyarakat Indonesia seyogianya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk bersama-sama membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing, sesuai dengan tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2021.

 

“Dengan peringatan Hari Pahlawan tahun ini, kita harus bisa meneladani semangat para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan negara kita. Semangat itu harus tetap dipertahankan oleh kita selaku generasi penerus bangsa,” kata Dandim saat ditemui disela-sela kegiatannya, Rabu (10/11/2021).

 

Menurutnya, maksud dan tujuan memperingati Hari Pahlawan adalah untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan.

 

Disamping itu, juga untuk membangun ingatan kolektif untuk kemudian menggerakkan kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari, memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan dalam bingkai NKRI, serta meningkatkan rasa kecintaan serta kebangggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

 

“Dalam peringatan ini, mari kita tundukkan kepala sejenak, kita renungkan dan doakan para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini. Semoga kita semua bisa meneladani mereka. Dan semangat perjuangan mereka bisa menjadi inspirasi kita semua,” tandas Dandim. (pendim0716/afid).

pendimdemak

Share
Published by
pendimdemak

Recent Posts

Ciptakan Susana Kerja Yang Nyaman, Personil Koramil 10/Selomerto Bersihkan Pangkalan

Muriapos.com, Wonosobo - Disela-sela rutinitas personel Koramil 10/Selomerto melaksanakan pembersihan lingkungan dan perbaikan garasi di…

5 jam ago

Dandim Pati Membuka Acara Sosialisasi Rekrutmen Prajurit TNI AD Dari Jalur Santri Dan Lintas Agama

PATI,MURIAPOS.COM Kodim 0718/Pati menggelar kegiatan sosialisasi rekrutmen prajurit dari jalur santri dan lintas agama untuk…

7 jam ago

Pendampingan Babinsa Pledokan Saat Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Kabupaten Semarang - Babinsa Serda Tuslam melaksanakan pendampingan vaksin anak usia 6 - 11 tahun…

7 jam ago

Apel Gabungan Sebelum Pelaksanaan Operasi Penerapan Prokes

Kabupaten Semarang - Babinsa Peduli Wilayah Koramil 10/Sumowono Kodim 0714/Salatiga melaksanakan Operasi Yustisi yang digelar…

7 jam ago

Bencana Banjir Di Kecamatan Donorojo Melanda Enam Rukun Tetangga

Jepara – Hujan yang terus menguyur di wilayah Kabupaten Jepara menyebabkan tejadinya bencana banjir yang…

8 jam ago

Anggota TNI Dan PNS Kodim 0714/Salatiga Bacakan UUD 1945,Sapta Marga Dan Panca Prasetya Korpri

Salatiga-Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Loka Jaya Sembada,S.I.P menjadi Inspektur Upacara 17 an yang dilaksanakan di…

8 jam ago