Categories: Beritapati

Peluang Emas, Bupati Pati Apresiasi Kemitraan Tenaga Kerja Pertanian ke Korsel

PATI, MURIAPOS.COM

Program kemitraan tenaga kerja bidang pertanian ke Korea Selatan (Korsel), dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan sumberdaya manusia (SDM), khususnya di Kabupaten Pati. Terlebih, saat pandemi virus Corona (Covid-19), di mana ada sejumlah tenaga kerja yang dirumahkan.

Hal itu disampaikan Bupati Pati Haryanto dalam workshop online “Sukses Kerja Bidang Pertanian di Korea Selatan dengan Visa E-8 pada Masa Pandemi Covid-19”, dari Pendapa Kabupaten, Selasa (22/9/2020).

Menurut Haryanto, program kerja sama magang yang dijalin dengan fokus pada sektor pertanian, menjadi peluang dan potensi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Ditambahkan, kemitraan tenaga kerja itu juga memberikan jaminan dan kepastian yang tinggi kepada peserta, karena visa E-8 dikeluarkan berdasarkan nota kesepahaman antara pemerintah tingkat kabupaten atau kota di Indonesia, dengan pemerintah tingkat kabupaten atau kota di Korea Selatan. Secara umum, kerja sama itu mengatur mengenai mekanisme intervensi pemerintah dalam pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional (PEN), yaitu melalui penyertaan modal negara, penempatan dana investasi pemerintah, dan penjaminan.

Untuk ini, bupati menghimbau generasi muda di Kabupaten Pati khususnya lulusan SMK atau SMA atau universitas yang berminat untuk dapat mengikuti program magang ini.

“Ini merupakan peluang emas dalam mencari pengalaman dan mengembangkan potensi yang dimiliki,” tambah Haryanto. ​

Senada, Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin berharap program kerja di bidang pertanian yang ada di Korea Selatan, bisa menjadi peluang para tenaga kerja untuk mengembangkan ketrampilan saat kembali ke kampung halaman.

“Saya berharap ada transfer ilmu tentang keahlian yang didapat dari Korea, agar bisa ditransfer ke teman-teman muda yang ada di Kabupaten Pati,” pungkasnya.

(*)

muriapos.com

Share
Published by
muriapos.com
Tags: Pati

Recent Posts

Kerja Bakti Bangun Talud Jalan Adalah Wujud Nyata Kemanunggalan Antara TNI dengan Rakyat

Jepara - Babinsa Koramil 08/Keling Serma Rudi bersama masyarakat saling gotong-royong melaksanakan kerja bakti pembuatan…

14 jam ago

Deklarasi Damai Ormas Jepara untuk menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Jepara – Pelaksanaan Deklarasi Damai Serikat Pekerja Buruh, Organisasi Kemasyarakatan Pemuda dan Organisasi Kemahasiswaan se-Kabupaten…

14 jam ago

Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) TMMD Sengkuyung Tahap III Sudah Rampung.

Jepara – Inilah tampilan Rumah Tidak Layak Huni dalam Program TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim…

14 jam ago

Pemasangan Pamflet Untuk Memberikan Imbauan kepada Warga.

Jepara – Guna menghimbau kepada warga masayarakat dalam memutus penyebaran covid-19 atau yang dikenal dengan…

15 jam ago

Lawan Anarkhisme Dengan Deklarasi Cinta Damai

Ungaran,Kab Semarang-Deklarasi Cinta Damai dikumandangkan Forkopimda Kabupaten Semarang bersama Akademisi, Mahasiswa, gabungan Ormas dan Serikat…

17 jam ago

Pembagian Masker Gratis Secara Serentak Oleh Koramil 16/Tingkir

Tingkir,Salatiga-Sebagai bagian dari Tim Satgas percepatan penanganan covid-19, Anggota Koramil 16/Tingkir melaksanakan pembagian Masker secara…

20 jam ago