Berita

Penyelundupan Ganja Berhasil Digagalkan

Papua, muriapos.com – Kapal Perang TNI Angkatan Laut, KRI Tatihu-853 unsur BKO Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada III, melaksanakan penjemputan seorang tersangka diduga pelaku pembawa narkotika jenis Ganja (10 bungkus plastik) dari KM Labobar dengan rute Nabire – Manokwari saat sedang berlayar di Perairan Teluk Cenderawasih Papua Tengah. Jumat (07/06/24).

Adapun kronologi kejadian adalah, saat unsur BKO Guskamla Koarmada III, yaitu KRI Tatihu-853 sedang berlayar melaksanakan patroli di sekitar Perairan Teluk Cendrawasih, kemudian menerima informasi dari Mako Guskamla Koarmada III, bahwa personel Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Nabire yang berada di KM Labobar telah mengamankan seorang terduga pelaku pembawa narkotika jenis Ganja.

Setelah mendapat informasi tersebut, Komandan KRI Tatihu-853 Mayor Laut (P) Teguh Abiwibowo segera mendeteksi keberadaan KM. Labobar yang sedang berlayar di sekitar Perairan Teluk Cenderawasih, kemudian melaksanakan komunikasi via radio, selanjutnya memerintahkan KM. Labobar untuk stop mesin.

Pada saat KM Labobar berhenti, KRI Tatihu-853 langsung merapat pada lambung kanan kapal penumpang tersebut, dan melaksanakan Peran Pemeriksaan dan Penggeledahan, selanjutnya Tim Pemeriksa KRI Tatihu-853 bertemu dengan Tim dari Lanal Nabire yang sudah mengamankan terduga pelaku pembawa Ganja.

Selanjutnya Tim Pemeriksa KRI Tatihu-853 melaksanakan embarkasi dan pengamanan seorang terduga pelaku dari KM Labobar untuk kemudian dibawa menuju Lanal Nabire, menurut Komandan Lanal Nabire Letkol Laut (P) Pius Herdasa Krisna Murti, dikatakan bahwa teduga pelaku adalah seorang laki-laki dengan inisial AT umur 21 tahun, dengan alamat dari Kota Jayapura Papua, sedangkan barang bukti yang diamankan adalah Narkotika jenis Ganja sebanyak 10 Paket dalam bungkus plastik.

Pada kesempatan tersebut Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si., M.Tr. Opsla., mengatakan bahwa TNI AL dhi Koarmada III berkomitmen untuk terus menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yuridiksi nasional pada wilayah kerja Koarmada III, terhadap segala bentuk penyelundupan dan tindakan-tindakan illegal, hal tersebut selaras dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yaitu mewujudkan rasa aman kepada masyarakat terhadap gangguan dari manapun, guna mendukung Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Selain itu Pangkoarmada III menyampaikan apresiasi atas sinergitas dengan semua aparat dan keberhasilan jajaran Koarmada III dalam mengamankan dan menangkap pelaku pembawa narkotika jenis Ganja melalui jalur laut. (Koarmada III)

m@s

Share
Published by
m@s

Recent Posts

Kodim 0718/Pati Menggelar Upacara Bendera Bulan Juni Di Halaman Makodim

PATI-MURIAPOS.COM Kepala Staf Kodim 0718/Pati Mayor Cpl Ari Eko Prasetio, S.T menjadi inspektur upacara 17…

8 jam ago

Berbagi Kebahagiaan Dengan Anggota Dan Masyarakat, Dandim Pati Serahkan Sapi Qurban

PATI -MURIAPOS.COM Dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1445 H Tahun 2024, Dandim 0718/Pati Letnan…

2 hari ago

Prajurit Buaya Putih Bagikan Pakaian dan Yankes Keliling Honai

Puncak, muriapos.com  - Prajurit Satgas Yonif 323 Buaya melaksanakan kegiatan berbagi peduli di Kampung Kago…

4 hari ago

Pengobatan Massal dan Bantuan Sosial Alumni AKABRI 94 : Wujud Pengabdian 30 Tahun

Surakarta, muriapos.com - Ratusan warga sekitar Lanud Adi Soemarmo menghadiri pengobatan massal yang berlangsung di…

4 hari ago

Kasad : Kualitas Perwira Harus Meningkat

Bandung, muriapos.com - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. melantik 1064…

5 hari ago

Peduli Kesehatan, dari TNI untuk Masyarakat Papua

Puncak, muriapos.com - Personel Pos Gome Satgas Mobile Yonif 323 pimpinan Lettu Inf Galang memberikan pakaian…

6 hari ago