Peran Mahasiswa Undip Dalam KBM TNI di Desa Menduran

GROBOGAN – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang bermarkas di  Desa Menduran Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan dinilai banyak pihak adalah tepat waktu dan sasaran.

Selain berbagi ilmu yang didapatkan di bangku kuliah kepada masyarakat, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk belajar hal yang baru saat terjun langsung ke lapangan.

Disampaikan Babinsa Menduran Pelda Ni’am, bahwa 11 orang Mahasiswa-mahasiswi KKN tersebut disambut hangat oleh masyarakat binaannya. Terbukti, dengan adanya Karya Bhakti Mandiri TNI (KBM) tahap VII tahun 2019 yang dilaksanakan di Desa Menduran peran mereka sangat membantu.

“Bukan hanya penerapan ilmu perkuliahan di Desa Menduran, mereka juga membantu dalam kegiatan non fisik KBM, dengan ikut memberikan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat,” jelas Babinsa, Kamis (15/8/2019).

Hal tersebut dibenarkan oleh ketua KKN Sdr. Auliya Z (20), bahwa mereka tak hanya berbagi ilmu saja, melainkan juga mendapatkan ilmu baru dalam kegiatan KBM tersebut, serta praktek langsung di lapangan bersama para masyarakat khususnya warga Desa Menduran.

“Kami mendapatkan pengalaman yang selama ini belum pernah kami rasakan, yaitu kegiatan KBM ini memberikan kesan tersendiri bagi kelompok kami,” ungkap Auliya.

Kegiatan KBM yang melibatkan secara langsung tersembut menambah pengalaman yang sangat berarti dalam hidup mereka. (Pendim 0717/Pwd)

Peran Mahasiswa Undip Dalam KBM TNI di Desa Menduran | suwarto | 4.5