Ratusan Mahasiswa Dua Kampus Terkemuka di Jateng, Geruduk Rembang

Ratusan Mahasiswa Dua Kampus Terkemuka di Jateng, Geruduk Rembang

MuriaPos.Com – Rembang, Sebanyak 426 mahasiswa dari dua kampus mulai hari ini mengabdikan diri ke masyarakat di berbagai desa di Rembang. Masing- masing dari Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang 240 Mahasiswa dan STAI Al-Anwar Sarang 186 Mahasiswa.

Unissula menerjunkan mahasiswanya selama 17 hari, Sedangkan mahasiswa STAI Al-Anwar melaksanakan KKN 41 hari. Mereka langsung diterima dengan hangat oleh Bupati Rembang H. Abdul Hafidz didampingi Kepala Bappeda Rembang Dwi Wahyuni.

Ada empat misi yang mereka emban dalam kegiatan turun ke desa itu, diantaranya Identifikasi dan pemetaan potensi dan permasalahan Desa Prioritas kemiskinan, penyusunan program kegiatan pengembangan potensi desa untukk penanggulangan kemiskinan.

Tahun 2019 ini merupakan tahun ke 2 dan tindak lanjut program KKN tahun 2018 lalu. Mahasiswa Unissula selama 14 hari ke depan berada 12 desa yang ada di Kecamatan Kaliori, diantaranya Sendangagung, Pengkol, Babadan, Banggi, Sidomulyo, Kuangsan, Wiroto, Meteseh, Maguan, Banyudono, Tasikharjo dan Gunungsari.
Sedangkan mahasiswa STAI Al-Anwar melaksanakan KKN 41 hari diDesa Dowan, Kajar dan Trembes kecamatan Gunem, kemudian di sembilan Desa yang ada di Kecamatan Sarang yakni Desa Sarang Meduro, Temperak, Banowan, Baturno, Sampung, Tawangrejo, Gunung Mulyo, Pelang dan Gilis.
Bupati dalam kesempatan itu mengungkapkan Pemkab Rembang terus berupaya menurunkan angka kemiskinan dengan berbagai cara. Diantaranya Pemkab Rembang pro aktif untuk bekerja sama dengan berbagai Perguruan tinggi untuk program Kuliah Kerja Nyata atau KKN.

Dalam dua tahun ini setidaknya sudah ada sembilan Kampus dari berbagai kota yang menempatkan mahasiswanya untuk KKN di Rembang. Dan itu menjadi salah satu faktor pendukung keberhasilan penurunan kemiskinan hingga 2,9 persen di tahn 2018, yang semula 2017 sebesar 18, 3 persen menjadi 15,4 persen. “Kecamatan yang masih merah tanda kutipo kemiskinan masih tinggi ini supaya disupport oleh mahasiswa KKN. Alhamdulillah dengan strategi itu kemiskinan turun drastis,” pungkasnya. (mp/ dok Humas Rembang).

Ratusan Mahasiswa Dua Kampus Terkemuka di Jateng, Geruduk Rembang | muriapos.com | 4.5