Categories: Berita

Sosialisasi pembentukan Komcad matra darat hari ini dilaksanakan oleh Kodim Pati

MURIAPOS.COM (PATI

Kodim 0718/Pati melaksanakan Sosialisasi Pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat diwilayah Kodim 0718/Pati pagi tadi di aula Suluh Bhakti Makodim Pati. Kamis,(01/04/2021)

Kegiatan sosialisasi Pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat yang dilaksanakan oleh Kodim Pati pagi tadi dihadiri oleh Bupati Pati H. Haryanto, SH., M.M. M.Si serta Forkopimda Pati, Instansi terkait di Kabupaten Pati, perwakilan Komunitas dan komponen masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya Dandim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani, SE., M.I.Pol menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan hari ini merupakan tindak lanjut diterbitkannya UU nomer 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk pertahanan.

“Kita ketahui bersama bahwa sistem pertahanan negara Indonesia adalah SISHANKAMRATA (Sistem Pertahanan Rakyat Semesta) dimana seluruh warga negara Indonesia berhak dan wajib ikut serta dalam melaksanakan pertahanan negara,” Ujar Dandim.

Dandim juga menjelaskan tentang SISHANKAMRATA yang terdiri dari tiga komponen yakni komponen utama adalah TNI tiga matra TNI AD, TNI AL dan TNI AU, kedua komponen cadangan adalah sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) maupun sumber daya buatan (SDB) sarana dan prasarana nasional yang disiapkan untuk mendukung komponen utama dan ketiga adalah komponen pendukung yakni terdiri dari seluruh masyarakat, sarana prasarana yang bisa mendukung pertahanan negara.

“Untuk komponen cadangan selama ini belum pernah di undangkan, barulah tahun 2019 diterbitkan UU NO: 23 yang mengatur tentang komponen cadangan tersebut. Hari ini kami sosialisasikan agar dapat diketahui oleh seluruh komponen masyarakat diwilayah kabupaten Pati karena rencana tahun ini akan ada program rekrutmen serta pelatihan pembentukan komponen cadangan,”sambungnya.

Dalam kegiatan sosialisasi pagi tadi, Dandim juga membuka sesi tanya jawab untuk memberikan kesempatan bagi para audiens yang hadir dalam kegiatan tersebut agar lebih mengerti serta memahami tentang Pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat.(Mp.Snpt/Pendim)

saryanto

Share
Published by
saryanto

Recent Posts

Babinsa Ikut Serta Melaksanakan Pengawalan Dan Pendistribusian Sembako

Jepara – Babinsa Serma Rudianto anggota Koramil 05/Mayong melaksanakan pengawalan dan pendampingan terhadap pendistribusian sembako…

15 jam ago

Dandim Jepara Hadiri Pelatikan Pengurus Baznas

Jepara – Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Arh Tri Yudhi Herlambang, SE., M.I.Pol bersama jajaran Forkopimda…

15 jam ago

Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Dampingi Pelaksanaan Penilaian Lomba Tingkat Desa

Jepara – Dalam rangka penilaian Lomba Tingkat Desa di wilayah Kabupaten Jepara, Babinsa Serda Muhlisin…

16 jam ago

koramil 06/Welahan Turut Awasi Penelitian Berkas Calon Perangkat Desa kalipungan

Jepara - Danramil 06/Welahan yang di wakili Peltu Eko Utomo dan Babinsa Desa Kalopucang Wetan…

16 jam ago

TNI-Polri Jepara Terus Kawal PPKM Dalam Mendisiplinkan Prokes Ke Masyarakat.

Jepara – Keterlibatan TNI dan Polri dalam mengawal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis mikro…

19 jam ago

Perang melawan covid-19, Serda Parsono Babinsa desa Plosorejo sosialisasikan prokes dan larangan mudik lebaran tahun 2021

MURIAPOS.COM (PATI)  Kegiatan edukasi serta sosialisasi tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan serta larangan mudik lebaran…

3 hari ago