Sukseskan Progam Pemerintah, Babinsa Pringtulis Ajak Warga Ikut KB

 

Jepara – Perjuangan seorang Babinsa dalam mensukseskan progam pemerintah dalam progam KB perlu diacungi jempol. Setelah kemarin Kopka Khunderin Babinsa Desa Tanjung mewakili Kabupaten Jepara dalam lomba Babinsa Penggerak KKBPK Tingkat Provinsi Jawa Tengah, kini banyak Babinsa lainnya terus gencar mengajak warganya dalam mensukseskan progam KB.

Seperti Pelda Nuryanto, Babinsa Desa Pringtulis Koramil 05/Mayong yang menyisir rumah rumah warga untuk mengajak warga dalam mengikuti progam KB. Dirinya mencari aseptor KB di halaman rumah ibu Cahyati Rt 03/01 Dukuh Gajian Desa Pringtulis, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara.

Nuryanto mengatakan, pemahaman mengenai penggunaan kontrasepsi dan program keluarga berencana (KB) di desa masih mengalami kesenjangan. Kebanyakan ibu-ibu di desa enggan menggunakan kontrasepsi atau program KB akibat efek samping yang dinilai merugikan mereka.

“Selama ini masyarakat ingin ber-KB tapi kurang memahami bagaimana memilih KB yang cocok untuk mereka,” ujar Pelda Nuryanto, Kamis (05/12/2019).

Sebagai seorang Babinsa yang notabennya selalu bersinggungan dengan masyarakat secara langsung, Nuryanto mengaku akan meluangkan waktunya untuk memberikan penyulihan dan edukasi terkait KB dengan cara door to door dari rumah satu ke rumah lainnya. 

“Dengan mengajak kader KB atau Bidan desa, saya yakin cara ini lebih efektif untuk mengajak ibu atau pasangan yang ogah menggunakan KB,” ucapnya.

Dirinya berharap untuk warga yang mempunyai anak lebih dari dua agar ikut dalam progam KB, guna menekan pertumbuhan penduduk yang pesat. “Saya harap warga agar tak takut menggunakan KB, baik MOP maupun MOW. Semua sudah melalui peneilitian, dan sudah tentu sehat,” tandas Pelda Nuryanto. (pendim19/afid).

 

 

 

Sukseskan Progam Pemerintah, Babinsa Pringtulis Ajak Warga Ikut KB | 0719jepara | 4.5