Tim Gabungan, Sita Ribuan Rokok Gelap

Tim Gabungan, Sita Ribuan Rokok Gelap

Tim Gabungan, Sita Ribuan Rokok Gelap

KUDUS, MuriaPos.Com – Tim gabungan dari Polres Kudus, Kodim 0722 Kudus, Bea cukai, dan Satpol PP berhasil mengamankan ribuan batang rokok tanpa pita cukai atau cukai palsu di Sejumlah toko kelontong wilayah kecamatan Undaan Kudus, Selasa (27/2)

Kasat Reskrim Polres Kudus AKP Ongkoseno Grandiarso Sukahar,SH, SIK mewakili Polres Kudus dalam operasi gabungan tersebut mengatakan Upaya pemberantasan rokok ilegal ini berdasarkan pada pasal 66a UU Nomor 39 Tahun 2007 tentang perubahan atas UU Nomor 11 tahun 1995. Mengingat masih banyaknya rokok tanpai cukai atau cukai palsu beredar dipasaran, petugas gabungan melakukan fungsi pemberantasan barang kena cukai ilegal.

“Dengan beredarnya rokok tanpa pita cukai atau cukai palsu yang biasa di katakan rokok “gelap”, kerugian negara sangatlah besar, ironisnya masih banyak rokok ilegal beredar di Kudus, padahal Kudus salah satu Kota penghasil rokok terbesar di Indonesia,” Ungkap Kasat.

Operasi gabungan kali ini difokuskan di sejumlah pedagang kelontong di Kecamatan Undaan Kudus. “Sebanyak tiga belas toko kelontong kita operasi, akan tetapi hanya delapan yang menjual rokok gelap,” tambahnya

“Nantinya tidak di Kecamatan Undaan saja, seluruh kecamatan di wilayah Kudus akan Kami Operasi, untuk tempat dan waktu akan Kami rahasiakan, biar operasinya nggak bocor,” ungkapnya.

Sementara itu Eko Heru Widianto pelaksana penindakan dari Bea cukai mengungkapkan operasi tersebut dalam rangka kegiatan rutin tahunan bersumber dari anggaran DBHCHT (Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau) tahun 2018 Pemda Kabupaten Kudus.

“Tahun ini memang peredaran rokok tanpa cukai atau cukai palsu di Kabupaten Kudus turun drastis, ini berkat penyuluhan dan operasi yang dilakukan secara rutin,” kata Eko.

“Untuk pedagang yang terbukti menjual rokok gelap akan kami panggil ke kantor Bea Cukai untuk diperiksa sedangkan rokoknya Kita sita untuk barang bukti,” tutupnya. (rk)

Tim Gabungan, Sita Ribuan Rokok Gelap | | 4.5