Berita

Wakil Bupati Blora Sidak Kesiapan RSUD Tangani COVID-19

Muriapos.com BLORA,- Guna memastikan kesiapan rumah sakit daerah dalam menerima pasien rujukan yang diduga menderita Covid-19 atau virus corona, Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman M.Si pada Selasa siang (17/3/2020) melaksanakan sidak.

Sidak dilakukan di RSUD dr. R. Soetijono Blora dan RSUD dr. R. Soeprapto Cepu. Di kedua rumah sakit ini, Wakil Bupati memeriksa persiapan kamar isolasi yang memang disiapkan untuk pasien penderita virus corona.

Dengan menggunakan masker, Wakil Bupati juga memastikan semua SDM tenaga kesehatan dan peralatan kesehatannya juga siap jika sewaktu-waktu ada pasien masuk.

“Kita ingin memastikan bahwa rumah sakit kita benar-benar siap jika nanti ada pasien terduga Covid-19 dirujuk kesini. Siap bukan hanya dari perkataan, namun juga aksi nyata di lapangan, ini yang ingin kita pastikan,” ucap Wakil Bupati.

Menurut Wakil Bupati, sesuai arahan Bupati dalam rapat koordinasi persiapan penanggulangan Covid-19 yang dilaksanakan Senin (16/3/2020) kemarin. Masing-masing RSUD diwajibkan menyiapkan 5 unit kamar isolasi.

“Kami cek dan alhamdulillah sudah disiapkan ada 5 kamar isolasi yang disediakan di RSUD. Meskipun RSUD siap, kami berharap tidak ada pasien yang positif Covid-19 di Kabupaten Blora. Hingga saat ini masih nihil,” ucap Wakil Bupati.

Sementara itu, Direktur RSUD Cepu, dr. Fathur Rohhim menyampaikan bahwa pihaknya sudah siap bahkan disediakan enam kamar isolasi.

“RSUD Cepu sudah siap dari segi ruangan, tenaga medis, dan peralatan. Alhamdulillah masker masih cukup, begitu juga peralatan lainnya,” ucap dr. Fathur Rokhim.

Sedangkan Direktur RSUD Blora, dr. Nugroho Adiwarso, SP.OG yang diwakili oleh Kabid Pelayanan, dr. Jamil Muhlisin, menyampaikan bahwa RSUD Blora juga siap untuk menerima pasien terduga virus corona.

“Karena RSUD Blora ini ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan kelas dua maka kami tidak bisa menetapkan seorang pasien sudah positif corona atau tidak. Jika selama masa perawatan dan pengawasan di RSUD menunjukkan gejala yang mengarah kesana, maka akan langsung kita rujuk ke RSUD rujukan yang telah ditetapkan Provinsi seperti RSUD Loekmono Hadi Kudus, RSUP dr. Karyadi Semarang, dan RSUD Moewardi Solo,” terangnya.

Pihaknya membenarkan jika sore tadi ada satu pasien rujukan dari Japah yang masuk ke RSUD Blora karena diduga terkena virus corona.

“Benar ada satu pasien rujukan yang baru saja masuk ke RSUD Blora dari Japah karena habis kontak dengan awak kapal dari Malaysia. Namun kita belum bisa memastikan positif atau tidaknya. Harus melalui tahapan pemeriksaan laboratorium terlebih dahulu. Rencananya akan kita rujuk ke RSUD Loekmono Hadi Kudus,” lanjutnya.

Saat ini menurutnya pasien sedang dalam perawatan di ruang isolasi RSUD Blora.(BRT)

dim0721brotoseno

Share
Published by
dim0721brotoseno

Recent Posts

Ciptakan Susana Kerja Yang Nyaman, Personil Koramil 10/Selomerto Bersihkan Pangkalan

Muriapos.com, Wonosobo - Disela-sela rutinitas personel Koramil 10/Selomerto melaksanakan pembersihan lingkungan dan perbaikan garasi di…

11 jam ago

Dandim Pati Membuka Acara Sosialisasi Rekrutmen Prajurit TNI AD Dari Jalur Santri Dan Lintas Agama

PATI,MURIAPOS.COM Kodim 0718/Pati menggelar kegiatan sosialisasi rekrutmen prajurit dari jalur santri dan lintas agama untuk…

13 jam ago

Pendampingan Babinsa Pledokan Saat Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Kabupaten Semarang - Babinsa Serda Tuslam melaksanakan pendampingan vaksin anak usia 6 - 11 tahun…

13 jam ago

Apel Gabungan Sebelum Pelaksanaan Operasi Penerapan Prokes

Kabupaten Semarang - Babinsa Peduli Wilayah Koramil 10/Sumowono Kodim 0714/Salatiga melaksanakan Operasi Yustisi yang digelar…

14 jam ago

Bencana Banjir Di Kecamatan Donorojo Melanda Enam Rukun Tetangga

Jepara – Hujan yang terus menguyur di wilayah Kabupaten Jepara menyebabkan tejadinya bencana banjir yang…

14 jam ago

Anggota TNI Dan PNS Kodim 0714/Salatiga Bacakan UUD 1945,Sapta Marga Dan Panca Prasetya Korpri

Salatiga-Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Loka Jaya Sembada,S.I.P menjadi Inspektur Upacara 17 an yang dilaksanakan di…

14 jam ago