Berita

Irjen Pol Ahmad Luthfi Tekankan Pentingnya Adaptasi Personil Polri terhadap Perkembangan Zaman

Irjen Pol Ahmad Luthfi Tekankan Pentingnya Adaptasi Personil Polri terhadap Perkembangan Zaman

Surakarta, MURIAPOS.COM

Seluruh personil Polri diharapkan mampu mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi untuk menjaga marwah institusi. Jika tidak, mereka akan tergilas oleh kemajuan tersebut. Demikian disampaikan oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat memberikan pengarahan di Mapolresta Surakarta, Sabtu pagi (22/6/2024).

Pengarahan yang dihadiri oleh Kasat Intelkam, Kasat Binmas, Kasat Samapta, Kasat Pamobvit, Kasat Polair, dan Kasi Humas dari seluruh Polres di jajaran Polda Jawa Tengah tersebut menyoroti pentingnya perubahan dan adaptasi dalam tubuh Polri.

“Kita akan bisa menjaga marwah Polri karena di sana ada yang namanya Kultur, untuk menjadi Polri yang Presisi, kita harus mampu berubah sesuai dengan perkembangan zaman, situasi, dan kondisi di mana Polri itu berada,” tegas Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Kapolda Jateng menekankan bahwa keberhasilan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) sangat bergantung pada kemampuan setiap personil untuk bertindak sebagai agen perubahan. Ia menegaskan bahwa transformasi dalam struktur organisasi serta penerapan teknologi dan ilmu pengetahuan merupakan langkah penting yang telah dilakukan Polri.

“Setiap personil Polri harus mampu berperan sebagai agen perubahan, baik terhadap diri sendiri dan masyarakatnya sesuai dengan perkembangan harkamtibmas, Hal ini untuk menjaga harkamtibmas di wilayah manapun anggota Polri bertugas,” jelasnya.

Kapolda juga memberikan peringatan tegas bahwa personil yang tidak mampu beradaptasi dengan perubahan zaman akan tergilas oleh kemajuan itu sendiri. Ia mengakui bahwa perubahan budaya dalam institusi Polri tidaklah mudah, mengingat adanya warisan budaya yang telah ada selama bertahun-tahun. Namun, ia menegaskan bahwa pimpinan harus memberikan contoh positif dan menghindari penyebaran budaya negatif dalam institusi.

Menurut Kapolda, semangat pengabdian yang berlandaskan Tri Brata dan Catur Prasetya harus tetap menjadi prioritas dalam pengembangan setiap anggota Polri. Ia mengungkapkan bahwa idealisme yang dimiliki oleh anggota Polri baru sering kali terkontaminasi oleh dinamika penugasan.

“Seiring personil tersebut diterjunkan di tempat penugasan, dengan berbagai dinamika yang dialami, mereka mendapat warisan kultur sehingga tidak seperti idealnya pada saat dia lulus menjadi anggota Polri,” terangnya.

Kapolda menegaskan pentingnya menjauhkan diri dari kultur negatif untuk menjaga semangat idealisme dan mewariskannya kepada generasi penerus Polri.

“Kewajiban kita adalah untuk menjauhkan kultur (yang tidak baik) yang nantinya akan mengkontaminasi generasi penerus Polri, sehingga Polri berubah menjadi Polri yang Presisi dan dicintai masyarakat,” tandasnya.

Acara pengarahan tersebut mencerminkan komitmen Kapolda Jateng untuk terus memajukan Polri Polda Jateng menuju masa depan yang lebih baik.

(*)

muriapos.com

Share
Published by
muriapos.com

Recent Posts

Keren! Mahasiswi Binus Asal Pati Sabet Wakil I di Ajang Abnon Jakarta Pusat 2024

Gelar Bergengsi None Jakarta Pusat 2024 Diraih Karina Moudy, Dara Asli Pati NASIONAL, MURIAPOS.COM Karina…

1 hari ago

Dandim 0718/Pati Menyampaikan Jam Komandan Kepada Bintara Tinggi Kodim 0718/Pati

PATI-MURIAPOS.COM Bertempat di aula Kodim 0718/Pati Dandim 0718/Pati Letkol Inf Jon Young Saragi, S.Sos memberikan…

4 hari ago

Unsur Kapal Perang TNI AL/ Koarmada III Laksanakan Pengamanan Perbatasan Laut

Saumlaki, muriapos.com - Kapal Markas Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada III yaitu KRI Teluk Lada…

7 hari ago

Kodim 0718/Pati Menggelar Rapat Koordinasi TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2024

PATI-MURIAPOS.COM Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap ke-III tahun 2024 tidak lama lagi…

1 minggu ago

Peduli Dampak Kekeringan, KPPP Gelar Bakti Sosial Bagikan Air Bersih

  PATI, Jumat (05/06/24), Koalisi Pemuda Peduli Pati (KPPP) menggelar bakti sosial pembagian air bersih…

1 minggu ago

Parade Surya Senja, Pengukuhan Tambur Major GS Gita Jala Taruna AAL

Surabaya, muriapos.com -  Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si., M.Tr.…

1 minggu ago